Pekan lalu MediaTek baru saja mengumumkan dua chipset mid-range baru yang bernama Helio P23 dan Helio P30. Kini kabar mengenai chipset penerusnya sudah mulai bermunculan, yakni chipset Helio P40. Namun tampaknya MediaTek kali ini memiliki strategi baru untuk chipset Helio P40.

Seperti yang dilaporkan Gizmochina, ada laporan dari rantai industri Taiwan yang mengatakan jika MediaTek tidak lagi menggunakan CPU dengan jumlah core yang banyak, malahan jumlah core untuk Helio P40 akan dipangkas.

Sumber itu mengatakan jika chipset Helio P40 akan mengusung desain hexa-core (enam core) bukan octa-core seperti pendahulunya. Meski jumlah core berkurang, namun ada dua core powerful yang menggunakan core Cortex-A73. Untuk sisanya menggunakan quad-core Cortex-A53. Selain itu, dikabarkan jika chipset tersebut akan dibangun menggunakan proses manufaktur 12nm, yang tentunya harus menawarkan efisiensi daya yang lebih baik.

Sayangnya, tidak ada informasi yang diberikan mengenai GPU yang akan hadir pada chipset Helio P40. Tentu kita berharap, GPU yang digunakan akan sama-sama menariknya untuk mengimbangi kinerja CPU pada chipset ini.

Helio P40 diharapkan untuk bersaing dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660 yang kini mulai diminati oleh banyak vendor smartphone Android, mengingat chipset tersebut merupakan chip teratas dari kategori mid-range. Kemungkinan chipset baru ini akan tersedia pada kuartal pertama 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here