Persaingan antar merek smartphone memang sangat ramai, apalagi bila mengusung dua chipset berbeda. Di samping memberikan performa yang berbeda juga, terdapat masing-masing kelebihan dan kekurangan. Segudang fitur pun ditawarkan demi menarik perhatian dan minat konsumen, mulai dari fitur pengisian baterai yang cepat, efisiensi daya, hingga performa.

mediatek-00

Salah satu pabrikan yang getol memperkenalkan chipset untuk perangkat smartphone dan tablet adalah, MediaTek. Tidak hanya harganya yang bersahabat, soal performa pun tidak dapat dipandang sebelah mata. Namun akhir-akhir ini MediaTek juga berkonsentrasi meluncurkan chipset yang lebih bertenaga, salah satunya adalah jajaran Helio.

Bila kabar sebelumnya mengatakan bahwa Helio X30 sudah resmi diumumkan oleh MediaTek untuk menandingi rival mereka, Qualcomm Snapdragon 820, kini beredar rumor mengenai sang penerus, Helio X35. Seperti yang dilansir dari WCCFtech, Senin (19/9/2016), kabar tersebut berasal dari salah satu media asal Taiwan yang menyebutkan bahwa Helio X35 ini bakal memiliki performa yang luar biasa.

Tidak hanya itu saja, chipset Helio X35 pun dikabarkan bakal memiliki kecepatan hingga 3,0GHz. Hal ini bukannya tidak mungkin, namun bila melihat Helio X30, dua core utama yang ditenagai prosesor Cortex A72 memiliki kecepatan hingga 2,8GHz. Hal tersebut juga didukung dengan penggunaan arsitektur terbaru dan fabrikasi 10nm FinFET dari TSMC. Untuk jumlah keseluruhan otak pada Helio X35 ini sama dengan seri sebelumnya, yakni deca core alias 10 core.

Masih belum tahu pasti kapan chipset ini bakal dirilis, namun perkiraan para pengamat Helio X35 bakal diumumkan tahun depan. Chipset ini pun juga digadang-gadang sebagai saingan berat chipset Qualcomm Snapdragon 830.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here