Jika chipset Snapdragon 835 merajai segmen high-end, maka chipset Snapdragon 660 akan menjadi raja pada segmen mid-range untuk tahun ini. Chipset tersebut akan menggantikan posisi chipset Snapdragon 652 dan 653 yang selama ini menjadi chipset khas smartphone menengah. Baru-baru ini telah muncul tes Snapdragon 660 pada AnTuTu benchmark dengan skor yang mengesankan untuk chipset kelas menengah, yakni melewat 100.000 poin.

snapdragon-660-2

Meski belum diketahui perangkat apa yang bakal menggunakan chipset ini, namun melihat dari hasil skor AnTuTu chipset ini bakal memberikan performa yang mengesankan. Snapdragon 660 diproduksi menggunakan teknologi 14nm PP Samsung yang harus memberikan efisiensi penggunaan daya.

Snapdragon-660-Test-device-3

Bocoran ini juga mengungkapkan beberapa spesifikasi dari smartphone yang menggunakan chipset ini. Perangkat yang telah melewati tes ini mengusung layar beresolusi 2K dan memiliki RAM hingga 6GB dengan penyimpanan internal sebesar 64GB. Chipset ini memang mendukung setup dual-kamera namun daftar AnTuTu hanya menyebutkan itu sebagai sensor 12MP. Perangkat ini juga menjalankan Android 7.1.1 Nougat dengan patch keamanan 5 Februari 2017.

Snapdragon-660-Test-device-2

Dengan berbekal spesifikasi di atas, itu sangat mengesankan bagi smartphone kelas menengah. Ditambah lagi dengan chipset Snapdragon 660 yang memberikan harga lebih terjangkau dari smartphone flagship, hal itu akan membuat perangkat mudah diterima oleh konsumen.

Snapdragon 660 adalah chip dengan prosesor octa-core yang terdiri dari delapan kustom Kryo CPU core dalam kombinasi 4 + 4. Empat dari core memiliki clock 2.2GHz sedangkan sisanya empat clock di 1.9GHz. Ada terintegrasi dengan GPU Adreno 512 dan chip ini juga mendukung UFS 2.1 storage serta baseband X10 LTE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here