Saat ini Qualcomm masih menjadi pemimpin di pasar chipset setelah meluncurkan prosesor mobile flagship pada awal tahun 2016, yakni Snapdragon 820. Chipset tersebut disebut untuk menebus kegagalan Snapdragon 810, di mana chipset tersebut sering dilaporkan mengalami overheat atau panas berlebih. Semenjak diumumkan, telah banyak produsen yang menggunakan chipset tersebut untuk perangkat flagship miliknya.

snapdragon-821-feature

Kini nampaknya chipset tersebut telah memiliki pengganti, yakni Snapdragon 821. Berita mengenai chipset Snapdragon 821 sendiri telah sering muncul sebelumnya dan kehadirannya pada smartphone flagship mendatang, bahkan smartphone yang menggunakan chipset terbaru ini diharapkan akan segera meluncur pada sisa tahun 2016 ini.

Produsen chip ini mengungkapkan bahwa Snapdragon 821 akan menawarkan peningkatan 10% dalam hal kinerja dibandingkan dengan Snapdragon 820. Chip ini memiliki fitur arsitektur quad-core yang sama dengan SD820 tapi memiliki kecepatan 2.4GHz bukan 2.2GHz. Perusahaan ini belum mengungkapkan spesifikasi rinci dari chip baru, tetapi GPU dan spesifikasi lain diharapkan hampir mirip dengan Snapdragon 820.

Ada banyak smartphone yang diharapkan untuk mengusung chipset terbaru ini, termasuk smartphone Xiaomi Mi Note 2 yang mungkin debut akhir bulan ini. Kemudian ada flagship dari LeEco dan bahkan Samsung Galaxy Note 7 juga dikatakan memiliki chipset Snapdragon 821 ini. Nampaknya chipset Snapdragon 820 yang meluncur awal tahun ini akan segera tergantikan posisinya dengan Snapdragon 821, sebagai chipset paling power full dari Qualcomm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here