Setelah Qualcomm mengumumkan chipset flagship Snapdragon 845, kini Samsung akhirnya juga telah mengumumkan chipset flagship miliknya yang bernama Exynos 9810. Sama seperti Snapdragon 845, chipset ini juga masih dibangun dengan proses manufaktur 10nm. Chipset ini dikemas dengan generasi ketiga prosesor kustom, modem LTE ditingkatkan yang memberikan konektivitas gigabit lebih cepat, pengolahan gambar terbaik dan kemampuan belajar yang lebih mendalam.

Chipset Exynos 9810 memiliki prosesor octa-core yang mencakup quad-core kustom generasi ketiga dan quad-core yang dioptimalkan untuk memberikan kinerja yang efisien. Untuk kecepatan maksimum dari prosesor ini adalah 2,9GHz dan Samsung mengklaim jika chipset ini mampu memberikan dua kali lipat performa single-core dan juga menawarkan performa multi-core 40% lebih baik dari generasi sebelumnya.

Adanya sistem deep learning berbasis jaringan syaraf dan keamanan yang kuat yang ditawarkan oleh Exynos 9810 memungkinkan smartphone yang didukung oleh chipset ini dapat dengan mudah mengidentifikasi orang-orang dan benda-benda di foto untuk depth sensing atau untuk cepat melakukan pencarian gambar.

Chipset ini juga mendukung deteksi wajah hybrid dengan memindai wajah pengguna dalam 3D. Pendeteksi wajah hybrid yang bergantung pada kedua hardware dan software menawarkan filter pemindai wajah yang realistis dan juga cara yang sangat aman untuk membuka kunci perangkat dengan memindai wajah pengguna. Chipset Exynos 9810 juga mendukung pemindaian iris dan identifikasi sidik jari untuk melindungi data pribadi.

Modem LTE yang tersedia di chipset Exynos 9810 akan memungkinkan pengguna untuk streaming atau memulai siaran sampai dengan resolusi 4K dan media baru seperti video 360 derajat. Modem Cat.18 LTE mendukung kecepatan download maksimum 1,2 Gbps dan mendukung agregasi 6x carrier untuk kecepatan 1.2 Gbps download dan 200 Mbps upload.

Dengan adanya pengolahan gambar dan upgrade multi-format codec (MFC) yang tersedia di Exynos 9810, pengguna akan dapat menikmati pengalaman multimedia yang mendalam. Oleh karena itu, smartphone yang didukung dengan chipset Exynos 9810 mampu merekam video yang sangat stabil meski pada resolusi 4K, foto cerah dalam kondisi minim cahaya dan real-time out-of fotografi yang fokus. Chipset ini juga mendukung pemutaran video hingga 4K di 120fps.

Tentu smartphone yang akan mengusung chipset ini adalah Samsung Galaxy S9 dan S9, selain menggunakan chipset Snapdragon 845 untuk beberapa negara (kemungkinan hanya Tiongkok dan AS. Namun secara internasional bakal menggunakan chipset Exynos 9810 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here