Di awal tahun 2016, produsen chip terkemuka, Qualcomm menunjukkan geliatnya dalam memulai persaingan di tahun ini. Tak hanya mengumumkan jajaran chipset untuk smartphone terbaru di tahun ini, Qualcomm juga mengumumkan chipset terbaru yang khusus untuk perangkat wearable.

Snapdragon 2100

Chipset yang diperkenalkan Qualcomm untuk perangkat wearable adalah Snapdragon 2100 yang diklaim membawa banyak peningkatan dari chipset sebelumnya. Qualcomm mengatakan bahwa chip ini merupakan trobosan yang lebih baik untuk perangkat pintar yang dikenakan di pergelangan tangan Anda.

Chip ini memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang pendahulunya, Snapdragon 400. Imbasnya, perangkat akan 30% lebih kecil, sehingga untuk wearable dengan desain yang lebih compact dapat menggunakan chip ini. Selain model yang lebih compact dan lebih tipis, chip ini juga lebih hemat daya hingga 25% dari pendahulunya.

Meski lebih kecil dan lebih hemat daya, namun chip ini tetap gahar karena Snapdragon 2100 memiliki prosesor quad core┬áCortex-A7 dengan clock speed 1,2GHz yang dipadukan dengan GPU Adreno 304. Dengan berbekal spesifikasi tersebut, chip ini mampu menampilkan tampilan layar hingga 480×640 hingga 60Hz.

Chip ini akan tersedia dalam dua versi, salah satunya memiliki kemampuan Bluetooth/Wi-Fi, dan versi lainnya akan memiliki konektivitas tambahan seperti jaringan seluler 2G/3G/LTE. Chip ini juga akan mendukung sensor NFC dan GPS, dan dilengkapi dengan kemampuan Quick Charger 2.0.

Salah satu perusahaan yang berniat untuk membuat perangkat wearable menggunakan chipset ini adalah LG. Vice President of Wearable Branch, David Yoon bahkan menunjukkan jika raksasa dari Korea Selatan itu sedang menggarap produk smartwatch. Tak hanya jam tangan pintar saja, LG dikabarkan juga membuat perangkat wearable lain yang bakal meluncur akhir tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here