Kabar yang cukup mengejutkan datang awal tahun ini dari Google, di mana perusahaan telah menegaskan jika Chrome OS akan segera menjalankan jutaan aplikasi Android. Kini kabar tersebut terbukti benar, di mana ketika Google merilis aplikasi Android untuk dua perangkat Chromebook, yakni Acer Chromebook R11 dan ASUS Chromebook Flip.

pixel-2

Nah ada kabar baik juga bagi Anda pemilik perangkat Pixel 2 karena Chrome OS build 53 sekarang sudah tersedia, di mana build ini juga membawa akses ke toko aplikasi Google Play Store. Tentu ini sudah jelas jika Google mendekatkan Chrome OS dengan Android.

Cara mengakses Google Play dari Chomebook juga sangat sederhana, di mana pengguna hanya perlu meluncurkan aplikasi dari launcher, kemudian lakukan pengaturan awal seperti pada perangkat Android, dan Google Play siap untuk dinikmati.

Namun jangan berharap semua aplikasi berjalan lancar atau sempurna. Karena mayoritas aplikasi ini telah dirancang untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, dan tidak dirancang khusus untuk laptop, jadi jelas dalam beberapa kasus itu bukan pengalaman yang paling ideal dalam menjalankan aplikasi Android di Chromebook.

Namun tentu ini bermanfaat bagi mereka yang tetap ingin menjalankan aplikasi Android di Chromebook. Selain itu, ada berita juga yang menyebutkan Google sedang bekerja untuk menyatukan Chrome OS dan Android, sehingga kedua platform itu akan menjadi satu. Dengan begitu, OS tersebut dapat berjalan dengan baik di smartphone, tablet, maupun laptop. Bahkan rumor terbaru menunjukkan bahwa sistem operasi terpadu ini, dikenal sebagai Andromeda secara internal, dan akan terinstal pada laptop Google Pixel 3 tahun 2017 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here