Baru-baru ini, Microsoft cukup gencar melakukan kampanye Scroogled yang ditujukan kepada Google. Chromebook, notebook yang dikembangkan Google dengan sistem operasi Chrome pun turut menjadi target. Dan pada nyatanya, Chromebook ternyata mempunyai potensi besar untuk merongrong dominasi Microsoft di segmen notebook.

Menurut data yang baru saja dirilis oleh NPD dan dikutip dari Neowin, Chromebook Google cukup populer di kalangan konsumen Amerika. Bahkan perangkat berbasis Chrome OS ini mendapatkan porsi yang cukup tinggi, yakni sebesar 21 persen di pasar Amerika serikat.

Dalam laporan tersebut, NPD mengungkapkan kalau dalam 11 bulan di tahun 2013, terdapat sebanyak 1.76 juta unit Chromebook dan tablet yang terjual. Angka tersebut pun jauh meningkat dibandingkan tahun 2012, di mana hanya ada 400 ribu Chromebook dan tablet Android yang laku di pasaran. NPD pun mencatat bahwa Chromebook berhasil memperoleh porsi sebesar 21 persen dari keseluruhan pasar notebook serta angka 8 persen untuk pasar PC dan tablet secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, sebanyak 14.4 juta perangkat komputer, notebook serta tablet berhasil terjual di pasar Amerika Serikat. Sementara itu Microsoft berhasil meningkatkan angka penjualan notebook Windows sebesar 10 persen pada tahun ini.

via Neowin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here