Negara dengan populasi terbesar dengan pertumbungan ekonomi dan industri yang terus merangkak naik, tak mengherankan kalau negara Cina kini dikabarkan telah mampu merajai pangsa pasar ponsel dunia khususnya Android dan smartphone.

Berdasarkan analis Informa baru-baru ini, saat ini penjualan perangkat Android dunia berkutat pada angka 461 juta unit dan 33% diantaranya konon berasal dari pasaran Cina. Selain itu, ada sekitar 768 juta unit smartphone yang kabarnya juga bakal segera dipasarkan untuk tahun 2012 ini saja.

Dengan pencapaian seperti itu, boleh jadi kini Cina telah melampau Amerika Serikat sebagai pasar Android nomor wahid dunia. Dan keberadaan Amerika Serikat sendiri praktis turun ke posisi kedua dengan menyumbang 11% saja untuk pasaran Android dunia saat ini.

Sementara itu, pengiriman perangkat Android juga diperkirakan bakal meningkat di masa yang akan datang dan akan berada pada puncaknya di tahun 2015. Namun begitu, penjualan smartphone Android di tahun 2016 diprediksi bakal mengalami penurunan seiring dengan keberadaan sistem operasi lain di pasaran, seperti Windows Phone dari Microsoft atau bahkan mungkin Sailfish yang dikembangkan oleh Jolla. Pangsa pasar Windows Phone di Cina saat ini diperkirakan hanya sekitar 1% saja.

Sejak China muncul sebagai negara dengan pasaran Android dan smartphone terbesar dunia, praktis banyak produsen lebih tertarik untuk memperkenalkan perangkat yang lebih berkualitas lagi di masa depan. Namun begitu, tetap menarik untuk menyimak bagaimana sepak terjang produk dengan merek internasional yang ada nantinya bakal mampu bersaing dengan merek lokal di Cina. Hm, apakah mereka dapat bersaing dengan produk merek lokal di sana? Ya kita lihat saja nanti!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here