You are currently viewing Competitive Programming CompFest 2013 Dibuka, Daftar Yuk!

CompFest 2013, Depok – Acara IT tahunan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh mahasiswa, CompFest 2013, kali ini mengadakan kembali kompetisi programming yang bernama Competitive Programming. Competitive Programming  adalah kompetisi problem solving dengan menggunakan bahasa pemrograman untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan algoritma tertentu. Soal dan pertanyaan yang diberikan di Competitive Programming tahun ini didukung oleh TOKI (Tim Olimpiade Komputer Indonesia) sebagai partner Competitive Programming.

 



Untuk tahun ini Competitive Programming akan melombakan dua kategori, yaitu kategori SMA dan mahasiswa. Bahasa pemrograman yang dapat peserta kategori SMA gunakan adalah C, C++, Pascal, dan Java. Sedangkan untuk peserta kategori mahasiswa adalah Java, C++, dan C. Peserta kategori SMA adalah siswa aktif dari suatu SMA/sederajat yang akan mengikuti kompetisi secara Individu. Berbeda dengan SMA, kategori mahasiswa diperbolehkan membentuk tim beranggotakan maksimal 3 orang dari universitas yang sama.

Berbeda dengan tahun lalu, Competitive Programming tahun ini mempunyai tahapan yang mengasah kemampuan peserta, CompFest Coder Class. CompFest Coder Class merupakan tempat yang dapat peserta gunakan untuk berlatih soal-soal problem solving.  Kelas latihan tersebut berupa website yang dapat diakses peserta terdaftar melalui internet. Kelas ini menggunakan sistem online grading, sehingga hasil atau penilaiannya dapat terlihat langsung. Dengan fitur yang ditawarkan kelas ini, peserta dapat melihat sejauh mana kemampuan peserta dan bagaimana tingkat kesulitan soal-soal yang dilombakan.Peserta juga diharapkan dapat bersaing lebih berani dan tidak kaget dalam menghadapi soal-soal yang akan dilombakan.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu Compfest… CompFest merupakan one-stop IT event tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia yang terdiri atas rangkaian kompetisi, roadshow, seminar, playground, dan entertainment.

Satu lagi yang sangat menarik pada kompetisi Competitive Programming kali ini adalah hadiahnya. Untuk kategori mahasiswa, juara 1 akan mendapat 10 juta rupiah, juara 2 akan mendapat 8 juta rupiah, dan untuk juara 3 akan mendapat 6 juta rupiah. Untuk kategori SMA, hadiah yang akan diperebutkan adalah 5 juta untuk juara 1, 4 juta untuk juara 2, dan 3 juta untuk juara 3.
Jadi tunggu apa lagi? Yuk persiapkan diri Kamu untuk menjadi peserta Competitive Programming tahun ini! (Haritztya Azka)

Isak Rickyanto

Founder BeritaTeknologi.com yang menyukai teknologi terutama ponsel, komputer dan dunia tulis menulis. Hobi membaca dan main game (sayang ga ada waktu ngegame sekarang) serta kuliner

Leave a Reply