Sebagai pengguna perangkat mobile Android, kita pasti selalu berupaya agar perangkat yang kita gunakan selalu aman dari segala bentuk ancaman. Meskipun versi Android terbaru membawa dukungan untuk enkripsi, perlindungan lockscreen dan sidik jari, namun hal itu masih dapat dibuat lebih aman lagi.

Salah satu contoh yang berkaitan dengan hal ini adalah software Knox Samsung, sedangkan pencipta smartphone Blackphone yang super aman, Silent Circle, telah menciptakan OS yang seluruhnya dari Android, dijuluki Silent OS.

Copperhead

Namun, pengguna Android sekarang memiliki sebuah pilihan alternatif, yang tersedia melalui kustom ROM dan dapat digunakan langsung oleh smartphone yang mendukungnya. Untuk saat ini, hanya beberapa perangkat Nexus saja yang mendukungnya, termasuk Nexus 5, Nexus 9 and Nexus 5X. Dukungan untuk Nexus 6 dan Nexus 6P sedang dalam penggarapan.

Kita bicara tentang CopperheadOS, yang merupakan versi Android berbasis CyanogenMod. Versi alpha dari CopperheadOS berbasis CyanogenMod 12.1 / Android 5.1 dan menambahkan beberapa perbaikan untuk memastikan semuanya dibuat lebih aman. Dan saat ni CopperheadOS telah memiliki versi beta dengan kemampuan yang lebih ditingkatkan.

Apa yang menonjol dari CopperheadOS adalah bahwa lockscreen dan enkripsi password telah dipisahkan, tidak seperti di Android. Pada dasarnya, itu berarti bahwa Anda akan memiliki satu password untuk membuka kunci layar dan satu lagi untuk dekripsi penyimpanan Anda.

Anda dapat mengatur sandi lockscreen Anda sebagai huruf dan angka, sementara yang lain dapat bersifat lebih kompleks. Perubahan lain (dibandingkan dengan Android) mungkin tidak terlihat sebagai satu kesatuan, tapi Copperhead OS menggabungkan beberapa kemampuan yang melindungi perangkat dari malware. Update keamanan juga sering digulirkan.

Setelah penemuan kerentanan Stagefright, banyak produsen perangkat telah berkomitmen untuk pengiriman update keamanan secara bulanan untuk mencegah handset mereka rentan terharap serangan malware. Google dan Samsung adalah yang pertama untuk mengambil langkah ini, tapi produsen lain segera mengikuti langkah mereka.

CopperheadOS dapat digunakan tanpa Google Mobile Services, tetapi jika Anda ingin, Google Play Store juga dapat diinstal. OS alternatif ini juga dapat mendukung toko aplikasi pihak ketiga seperti F-Droid. Jika perangkat Anda mendukung OS yang aman ini dan ingin segera mencobanya, bisa mengikuti link berikut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here