You are currently viewing Core iOS Apple Berhasil Disematkan pada Handphone Nokia N900

Masih ingat dengan smartphone pertama dan terakhir Nokia yang menggunakan OS Meego? Yup, handphone tersebut adalah Nokia N900. Ada sebuah kabar yang cukup menarik dan mengejutkan terkait handphone ini. Yakni mengenai kemungkinan smartphone ini menggunakan sistem operasi iOS milik Apple.

Adalah seorang developer yang dikenal dengan nama Winocm berhasil menyematkan kernel XNU pada smartphone N900 tersebut. XNU Kernel sendiri merupakan basis yang digunakan untuk membuat OS X dan iOS. Dengan penyematan kernel tersebut, maka tak menutup kemungkinan pengembangan ke depannya akan ada N900 yang menggunakan iOS.

Namun yang dilakukan oleh Winocm masih merupakan tahap awal. Developer ini berhasil menyematkan core dari sistem operasi milik Apple tersebut tanpa ada fitur interface user. Dan software yang disematkan tersebut juga belum mempunyai fungsi sebuah sistem operasi.

Hal ini juga tak mengindikasikan mengenai kemungkinan Apple untuk melisensikan iOS kepada produsen lain, karena iOS bukan sebuah software open source. Namun hal yang dilakukan oleh Winocm ini membuktikan mengenai adanya kemungkinan hal tersebut.

via Phonearena

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply