Cortana
Cortana

Belum lama ini asisten cerdas Cortana besutan Microsoft telah hadir di platform tablet iPad. Berbeda dengan rilis sebelumnya, Cortana kali ini tampil dengan antarmuka yang telah disesuaikan dengan ukuran layar yang besar khas perangkat tablet. Hal ini diharapkan membuat pengguna semakin nyaman menggunakan asisten cerdas tersebut. Lalu fitur apa saja yang ditawarkan oleh Cortana?

Cortana
Cortana

Platform iOS memang secara default telah memiliki asisten cerdasa yang dikembangkan sendiri oleh Apple, yakni Siri. Kememampuan asisten cerdas ini sebenarnya bisa dikatakan cukup mumpuni. Namun, tak semua pengguna Apple iOS menyukainya. Tak heran, banyak bermunculan aplikasi lain yang serupa, seperti Cortana, Google Assistant, dan Alexa di Apple iOS.

Microsoft bergerak cepat cengan merilis Cortana versi tablet iPad dengan antarmuka yang telah dikembangkan khusus untuk layar berukuran 7,9 inci dan 12,9 inci. Jika dilihat dengan seksama, antarmuka Cortana ini agak mirip dengan versi iPhone. Namun, setelah digunakan secara mendalam, tentu akan merasakan bedanya.

Versi baru aplikasi asisten cerdas Cortana untuk iPad ini menawarkan kecepatan 20% lebih gegas ketimbang versi sebelumnya. Ini beraryi pengguna mendapatkan informasi yang lebih cepat tanpa harus bosan menunggu jawaban. Soal performa ini memang sempat menjadi keluhan bagi pengguna Cortana di iOS.

Cortana memiliki kemampuan yang tak kalah dengan Apple Siri, yakni dapat melakukan pelacakan paket yang dipesan pengguna, membuat janji atau reminder, memberikan informasi mengenai cuaca, olahraga, dan banyak lagi. Meski demikian, kemampuan Cortana untuk iOS masih kalah jika dibandingkan dengan Cortana di Android.

Pengguna iPad dapat mengunduh asisten cerdas Cortana buatan MIcrosoft ini melalui App Store. Secara umum, Cortana ini cocok untuk menggantikan Siri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here