Peresmian Cortana untuk Android sepertinya semakin dekat. Setelah Microsoft mengeluarkan asisten digital Cortana untuk Android versi beta tertutup, kini Microsoft luncurkan Cortana versi Android versi public beta di Play Store. Rumor Cortana akan hadir untuk operasi sistem Android pun telah beredar dari bulan Maret lalu.

cortana1

Tak berbeda dari asisten digital lainnya seperti Google Now dan Siri, asisten digital Cortana juga memiliki fungsi yang serupa dengan asisten digital lain pada umumnya, seperti membuat panggilan, mengirim pesan, memainkan musik, dan lainnya yang dapat bekerja dengan perintah suara. Meski pengguna Android dan iOS telah memiliki asisten pribadi masing-masing, namun tak sedikit dari pengguna Android dan iOS ingin mencoba asisten digital besutan Microsoft ini.

Asisten digital milik Microsoft ini mengandalkan mesin pencari Bing, yang merupakan mesin pencari milik Microsoft. Pengguna Bing di Indonesia pun juga masih terbilang sedikit, karena lebih populernya Google sebagai mesin pencari. Dengan mesin pencari yang berbeda Cortana dan Google Now tentunya memberikan hasil pencarian yang berbeda pula untuk beberapa kasus.

Untuk mendapatkan aplikasi asisten digital Cortana, setidaknya dibutuhkan sistem operasi Android kitkat atau yang lebih baru. Pengguna yang ingin mencobanya dapat mengunduhnya melalui Play Strore. Namun  untuk mencobanya, pengguna harus menyetujui syarat menjadi beta tester. Setelah pengguna menyetujui persyaratan, pengguna dapat langsung mengakses Play Store dan dapat mengundh Cortana secara gratis.

Persyaratan menjadi beta tester
Persyaratan menjadi beta tester

Mengingat Cortana untuk Android ini masih dalam versi public beta, tentunya tidak akan berjalan lancar pada semua perangkat Android. Tetapi untuk fitur-fiturnya tak kalah dengan Cortana dalam versi Windows Mobile. Fitur yang sangat terasa ketidak hadirannya adalah, fungsi hotword “Hey Cortana” yang dapat mengaktifkan asisten digital ini. Fitur serupa pun juga telah dimiliki oleh Google Now dengan memanggil “Ok Google”. Namun Microsoft berjanji akan mengembangkan Cortana untuk Android ini agar dapat menikmati fitur-fitur pada perangkat Windows Mobile.

Cortana on Play Store

Meskipun Cortana untuk Android sudah tersedia di Play Store, namun kehadirannya kali ini hanya untuk negara Amerika Serikat saja. Namun Microsoft berencana akan menghadirkan Cortana untuk Android ke negara lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here