Menjalankan program Windows di platform lain memang terbatas untuk saat ini. Untuk menyiasatinya, banyak pengembang program yang berlomba menciptakan program sejenis emulator, untuk menjalankan program Windows di platform yang berbeda, seperti di Mac OS dan Linux.

Salah satu program yang berhasil menjalankan program Windows di platform Mac OS dan Linux adalah CrossOver, yang dikembangkan oleh CodeWeavers. Namun untuk memperluas pangsa pasar, pengembang ini akhirnya melebarkan sayapnya, dan merilis program CrossOver untuk perangkat Android.

crossover-android

Dikutip dari Liliputing, Kamis (25/8/2016), CodeWeavers mengatakan siap untuk membawa program CrossOver ke perangkat Android. Jadi nantinya perangkat Android bisa menjalankan program bahkan game yang berbasiskan sistem operasi Windows. Seperti program Microsoft Office dan Steam pun juga dapat dijalankan pada perangkat Android.

Namun untuk saat ini dukungan program CrossOver hanya untuk perangkat Android yang menggunakan prosesor Intel, seperti Acer Chromebook R11 dan smartphone Asus Zenfone.

Meski begitu, bukan berarti CrossOver dapat menjalankan semua program dengan lancar. CodeWeavers mengatakan tidak semua program Windows dapat dijalankan dengan program ini (CrossOver), selain itu juga bisa saja program tersebut tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, apalagi pada perangkat Android yang memiliki spesifikasi yang terbatas.

Untuk saat ini CrossOver untuk perangkat Android masih dalam tahap pengujian alias beta. Namun bagi Anda yang ingin mencicipi lebih dulu, bisa mendaftarkan diri sebagai tester melalui tautan berikut ini. Namun yang perlu dicatat adalah, alamat email yang didaftarkan harus sama dengan alamat email yang digunakan pada Google Play Store.

Bagi yang masih penasaran, bisa menyaksikan video yang diunggah oleh CodeWeavers berikut ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here