Penggunaan laptop, netbook atau Chromebook di Indonesia bisa dibilang semakin meningkat, apalagi hadir dengan berbagai merek yang menyajikan harga yang kompetitif. Terutama bagi orang yang bekerja secara mobile, penggunaan laptop adalah kebutuhan nomor satu. Namun penggunaan laptop ini sering kali tidak hati-hati sehingga membuat laptop, netbook atau Chromebook ini rusak seketika.

ctl-nl6x-0

Untuk menyiasati hal tersebut, salah satu produsen komputer jinjing, CTL, memperkenalkan produk terbaru mereka. Dikutip dari TweakTown, Senin (15/2/2016), dikatakan bahwa CTL baru saja merilis netbook berbasis sistem operasi dari Chromium OS buatan Google, yaitu NL6X.

CTL NL6X ini dilapisi dengan bahan karet pada tiap sisi-sisinya, yang mana bertujuan untuk melindungi kerusakaan saat jatuh. CTL sendiri mengatakan bahwa Chromebook NL6X ini masih mampu bertahan saat jatuh dari ketinggian 70cm. Bahkan tidak hanya itu, Chromebook yang menyasar ke dunia pendidikan ini melapisi bagian keyboard dan layar dengan bahan anti tumpahan air.

ctl-nl6x-02

Soal spesifikasinya bisa dikatakan standar, mirip dengan netbook kebanyakan yang hadir di pasaran. Sebut saja penggunaan prosesor dari Intel Celeron N2940. Untuk membuka program, ada RAM sebesar 4GB dan memori penyimpanan sebesar 16GB. Tidak ketinggalan ada layar seluas 11,6 inci yang memiliki resolusi 1366×768, serta kamera webcam beresolusi 2 megapiksel.

Bicara soal harga, CTL pada web resminya mematok harga sebesar 269 USD atau berkisar 3,6 juta Rupiah. Harga tersebut bisa dikatakan standar, apalagi dengan adanya karet pelindung pada bagian sisinya. Terlebih ada juga anti tumpahan air, sehingga tidak khawatir lagi bila Chromebook ini digunakan saat sedang berkumpul di kafe.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here