Semakin majunya teknologi pada sebuah perangkat elektronik, tidak membuatnya aman dari serangan para orang-orang yang tak bertanggung jawab. Mungkin dulu pembobolan atau peretasan perangkat komputer hanya bisa dilakukan oleh komputer yang sangar. Namun bagaimana jika pembobolan atau peretasan tersebut hanya menggunakan sebuah alat yang harganya tidak sampai seratus ribu Rupiah?

poison-tap-0

Seperti yang dilansir dari The Hacker News, alat tersebut bernama PoisonTap, yang ditemukan oleh Samy Kamkar. Alat tersebut harganya tidak lebih dari 5 USD atau jika dikonversikan ke mata uang kita hanya sekitar 60 ribu Rupiah saja.

Samy bukanlah penemu alat tersebut karena dirinya hanya menggunakan komputer seukuran kartu kredit dari Raspberry Pi Zero, yang telah ditanami dengan program buatannya sendiri. Alat ini pun disebutkannya dapat membobol atau meretas perangkat komputer yang dalam keadaan terkunci.

poison-tap-1

Cara kerjanya simpel, saat PoisonTap ini dihubungkan ke perangkat komputer melalui port USB, maka tidak lebih dari satu menit alat ini akan membuka perangkat komputer yang dalam kedaan terkunci.

Samy mengatakan bahwa kebanyakan orang menggunakan password untuk mengamankan komputer mereka saat hendak ditinggal sejenak. Nah saat itulah waktu yang tepat untuk membobol perangkat komputer tersebut. Tinggal cabut PoisonTap dan sang peretas bakal menguasai komputer sang korban.

PoisonTap akan mencari celah apakah komputer yang ditinggal oleh penggunanya tersebut sedang membuka aplikasi browser semacam Google Chrome atau Mozilla Firefox. Jika ada, maka komputer tersebut dapat dibobol, namun jika tidak sedang dalam membuka aplikasi browser, maka dipastikan komputer tersebut aman dari peretasan.

poison-tap-2

Tidak hanya membobol, PoisonTap juga akan menanamkan beberapa kode jahat melalui cache pada browser. Kode tersebut dapat mengendalikan komputer dari jarak jauh. Yang lebih parah lagi, antivirus yang beredar sekarang tak dapat mendeteksinya.

Namun jangan khawatir karena Samy juga mengatakan bahwa bila ingin aman dari serangan PoisonTap, para pengguna komputer bisa masuk pada mode Sleep. Selain itu dirinya juga mengatakan jangan lupa untuk selalu menutup aplikasi browser.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here