Belum lama ini telah diberitakan bahwa MSI merilis salah satu produk terbarunya yaitu komputer gaming All In One (AIO), Gaming 24. Tidak seperti perangkat komputer pada umumnya, komputer gaming tersebut letak komponennya menjadi satu dengan layar monitor, yang membuatnya nampak simpel dan rapi. Tidak mau kalah, CyberPowerPC belum lama ini juga memperkenalkan komputer gaming AIO, Archus 34, pada ajang CES 2016 lalu.

cyberpowerpc-archus34-0

Dilansir dari Tom’s Hardware, Kamis (21/1/2016), CyberPowerPC Archus 34 ini mampu menjalankan game kelas berat sekalipun, berkat hardware yang ada di dalamnya. Sesuai dengan namanya, komputer gaming All In One ini mengusung layar lengkung seluas 34 inci yang memiliki resolusi 3.440×1.440. Tanggung rasanya karena tidak menggunakan monitor dengan resolusi 4K.

Untuk spesifikasinya, sayangnya pihak CyberPowerPC enggan memberi rinciannya secara detail. Namun dari informasi yang beredar, Archus 34 ini menggunakan motherboard jenis Mini ITX dengan chipset Z170 yang mana digunakan oleh prosesor Intel generasi ke-6, Skylake. Prosesor yang digunakan juga tidak dikatakan, namun banyak yang menyebut bahwa Intel Core i7 6700K yang ada dibalik layar tersebut.

Archus 34 juga mampu menopang sebuah kartu grafis yang berukuran sekitar 30cm alias ukuran standar yang sering digunakan oleh para produsen VGA card. Soal VGA card apa yang digunakan, dikabarkan bahwa komputer gaming All In One ini mengusung kartu grafis dari Nvidia GeForce GTX 970. Tentunya masih dapat ditingkatkan bila ingin menggunakan kartu grafis papan atas, seperti GeForce GTX 980 Ti atau GeForce Titan X.

Jeroan pada Archus 34 dengan pendingin air
Jeroan pada Archus 34 dengan pendingin air

Yang menarik adalah, Archus 34 ini juga dibekali dengan closed loop watercooling, alias pendingin air, yang diaplikasikan pada prosesor, sehingga untuk digeber dengan cara overclock pun masih mampu dan tidak terlalu panas.

Pihak CyberPowerPC mengatakan bahwa Archus 34 ini akan tersedia pada akhir kuartal pertama tahun ini. Soal harganya masih belum disebutkan, tapi banyak yang memperkirakan untuk dapat membawa pulang komputer gaming All In One ini lebih dari 17 juta Rupiah.

(ND/Tom’s Hardware)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here