Flash disk adalah media penyimpanan yang praktis dan mudah dibawa kemana-kemana. Selain ukurannya yang kecil, kapasitas yang terdapat di dalamnya pun dapat menampung file berukuran besar. Namun seringkali penyebaran virus pada perangkat komputer atau laptop rata-rata berasal dari flash disk yang sudah dipasang diberbagai perangkat komputer atau laptop.

usbs

Ancaman lain dari perangkat flash disk nampaknya tidak hanya itu saja, namun juga ada yang lebih berbahaya. Seperti yang dilansir dari CNET, Kamis (22/9/2016), di Australia belum lama ini terdapat sebuah kabar mengenai flash disk yang telah disisipi dengan malware berbahaya. Kasus ini pun sampai membuat kepolisian negara bagian Victoria turun tangan.

Kekhawatiran polisi adalah, penyeberan flash disk berbahaya tersebut disebar oleh sekelompok orang yang tak bertanggung jawab ke kotak surat masing-masing rumah di Victoria. Pihak kepolisian negara bagian tersebut mengatakan bahwa bagi siapa saja yang menemukan sebuah flash disk di kotak surat, dimohon untuk tidak menggunakannya.

Dari hasil penelitian, bila flash disk tersebut dihubungkan ke perangkat komputer atau laptop, maka akan menampilkan sebuah layanan streaming. Namun penawaran tersebut adalah tawaran palsu karena hanya untuk mengelabuhi sang korban. Parahnya lagi, malware yang terdapat pada flash disk tersebut dapat mencuri data dan file pada komputer yang telah terjangkit oleh malware berbahaya tersebut.

Penelitian menarik pun pernah dilakukan oleh University of Illinois, dimana sebanyak 48% responden yang menemukan flash disk di jalan atau di tempat parkir, pasti akan membukanya melalui perangkat komputer atau laptop yang mereka miliki. Dari penelitian tersebut pun bisa diambil kesimpulan bahwa pada dasarnya rasa penasaran memang selalu ada pada diri manusia. Jadi kami sarankan untuk tetap berhati-hati bila menemukan flash disk yang mencurigakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here