Tahun 2017 lalu Google telah mengumumkan bahwa mereka akan mulai memblokir video yang diputar secara otomatis pada browser Chrome, di mana hal tersebut memang dirasa cukup mengganggu terutama jika Anda membuka banyak tab dan tiba-tiba salah satu halaman web memutar video dengan suara. Kabar baiknya, Google telah mengumumkan bahwa mereka akan memblok video dengan suara yang di putar secara otomatis.

Seperti yang dilaporkan 9to5Google, Google telah menambahkan lebih banyak kriteria yang menentukan apakah video dapat diputar secara otomatis atau tidak. Salah satu kriteria adalah bahwa video harus tidak bersuara atau tidak memiliki fitur audio. Ini berarti bahwa video tetap dapat diputar secara otomatis di latar belakang selama tidak ada suara. Ini merupakan fitur yang cukup penting bagi sebagian orang, karena video yang diputar secara otomatis oleh halaman web terkadang mengejutkan karena suara yang cukup keras.

Selain itu, ada juga kriteria lain yang ditambahkan oleh Google, yakni pengguna yang sebelumnya mengeklik situs selama sesi browsing, akan ditambahkan ke layar Utama di perangkat mobile, atau jika pengguna diketahui sering memutar media di situs berdasarkan indeks Media  Engagement. Contohnya adalah jika Anda sering menelusuri video di YouTube, dan itu yang akan ditambahkan ke layar Utama.

Namun perlu dicatat bahwa perubahan ini belum tersedia untuk saat ini karena itu merupakan bagian dari Chrome 66. Namun Anda sudah bisa mencobanya melalui versi beta, sembari menunggu dirilis untuk Chrome versi final.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here