Anda tentu telah mengenal fiitur SIRI dari iOS. Tapi tahukah anda bahwa fitur voice/speech sudah sejak lama ada di iOS maupun Mac OSX. Hanya saja fitur ini memang memang tidak semewah yang bisa dilakukan Siri yaitu membaca perintah melalui ucapan Anda. Tapi setidaknya fitur ini bisa berguna di beberapa kondisi.

Fitur voice/speech asli Indonesa tersebut dinamai Damayanti. Penggunanya bisa meminta bantuan ke “Damayanti” untuk membacakan tulisan.

Anda bisa highlight artikel dan meminta dibacakan oleh Damayanti. Maka dengan satu perintah saja, Damayanti bisa membacakan artikel tersebut.

Sayangnya Damayanti tidak hadir secara default, Anda harus download paket speech terlebih dahulu dengan mengakses : System Preferences > Speech > Text to Speech > System Voice > Customize. Setelah itu cek Damayanti, maka Anda akan diminta download file speech Damayanti yang berukuran sekitar ±500MB. Setelah selesai download, maka Anda bisa menggunakan System Voice Damayanti.

Damayanti dirancang untuk membaca dalam Bahasa Indonesia, maka sebaiknya gunakan Damayanti untuk membaca konten Bahasa Indonesia. Damayanti bisa membaca tulisan berbahasa Inggris, namun akan terdengar kurang baik. Higlight tulisan yang ingin dibacakan oleh Damayanti, lalu tekan tombol OPTION+ESC agar Damayanti membacakan tulisan yang anda Highlight.

via makemac

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here