Era virtual reality atau biasa disingkat VR memang sedang naik daun, seiring banyaknya vendor-vendor lain yang turut meramaikan pasar perangkat VR. Sebelumnya kita tahu bahwa di pasar saat ini kita mengenal beberapa perangkat VR seperti Oculus Rift, Samsung Gear VR, HTC Vive yang merupakan hasil kerjasama dengan Valve, dan ada juga versi murah, Cardboard.

oculus-rift-final

Kali ini kita tidak akan membahas semuanya, namun akan membahas perangkat VR yang pertama kali, yaitu Oculus Rift. Kembali ke beberapa tahun lalu, tepatnya pada tahun 2014 dimana Oculus Rift diperkenalkan ke khalayak luas. Namun pada saat itu perangkat Oculus Rift masih berupa Development Kit, sehingga masih terdapat beberapa perbaikan dan di jual sangat terbatas.

Nah kali ini, dilansir dari Liliputing, Selasa (5/1/2016), perangkat Oculus Rift versi final sudah dapat dipesan pada esok hari, 6 Januari 2016. Hal ini sesuai dengan yang ditulis di blog resmi Oculus, dimana disebutkan bahwa pada tanggal tersebut sudah dapat dipesan dengan sistem pre order.

Sebelum membeli perangkat Oculus Rift, perlu diingat bahwa untuk dapat menikmati pengalaman virtual reality yang maksimal, diperlukan perangkat komputer dengan spesifikasi yang tidak biasa. Setidaknya menyiapkan dana sekitar 10 juta Rupiah, karena Oculus Rift sendiri memerlukan spesifikasi komputer seperti penggunaan prosesor Intel Core i5 4590, VGA card dari Nvidia GTX 970 atau AMD Radeon R9 290, serta RAM sebesar 8GB.

(ND/Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here