DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) baru saja memunculkan proyek terbarunya. Dalam proyek terbaru tersebut, mereka membuat perangkat canggih yakni sebuah kamera gigapiksel.

Kamera tersebut pun mampu menghasilkan gambar dengan resolusi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan melihat mata manusia. Dalam sebuah tes yang mereka lakukan, kamera tersebut mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 1.4 gigapiksel dan 0.96 gigapiksel. Penelitian tersebut pun mereka lanjutkan dengan target gambar mencapai resolusi antara 10 hingga 50 gigapiksel.

Sebagai bahan perbandingan, saat ini banyak handphone pintar baik Android, iPhone, BlackBerry ataupun Windows Phone yang memiliki kamera 8 megapiksel. Dan, 1 gigapiksel sama dengan 1.000 megapiksel atau 1 miliar piksel. Cara kerja kamera ini pun hampir mirip dengan cara kerja prosesor paralel pada superkomputer, yakni memakai menggunakan 100 dan 150 micro kamera untuk menghasilkan gambar wide panoramic dengan resolusi sangat tinggi.

Proyek kamera ini merupakan salah satu program AWARE (Advance Wide Field of Vision Architectures for Image Reconstruction and Exploitation) milik DARPA. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengamatan dalam bidang militer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here