Sejak chip MT6589 besutan MediaTek dirilis, konon banyak produsen dunia yang antri ingin mendedikasikan keberadaan perangkat terbarunya menggunakan kekuatan processor quad-core tersebut. Dan ini, ya apalagi kalau bukan untuk meminimalisir biaya produksinya.

Sebelumnya duo model P600 dan Y900 besutan TLC digadang-gadang sebagai salah satu perangkat pertama yang didukung oleh kehandalan chip MediaTek MT6589 ini. Kedua smartphone tersebut terungkap dua minggu sebelum di pasarkan secara resmi di Cina.

Terkait hal itu, ada kabar yang menyebutkan kalau saat ini baik Sony dan Motorola tengah menguji keberadaan MediaTek MT6589 tersebut. Setelah pengujian selesai dan sukses nantinya, boleh jadi akan ada lebih banyak lagi perangkat quad-core dengan harga yang lebih terjangkau segera hadir di pasaran. Dan demi biaya produksi yang lebih rendah inilah, alasan yang membuat LG kabarnya juga menyatakan ketertarikan yang sama seperti halnya Sony dan Motorola.

Lenovo, TCL, Huawei, Gionee, ZTE, Coolpad dan Vivo adalah beberapa produsen yang telah tertarik dan bahkan telah mendedikasikan processor MT6589 MediaTek terhadap perangkat mobile terbarunya baru-baru ini. Ketertarikan sebagian besar para produsen di Cina akhir-akhir ini dikarenakan  MT6589 MediaTek tersebut mampu meredam anggaran produksi yang jauh lebih rendah dibanding biasanya.

MediaTek MT6589 didasarkan pada arsitektur Cortex-A7, frekuensi dihasilkan antara 1GHz hingga 1.2GHz, dukungan terhadap RAM LDDR2, resolusi layar 720p, jaringan WCDMA dan TD-SCDMA, kamera 13 megapiksel dan 1080p video playback Full HD. MediaTek MT6589 sendiri kini telah terintegrasi secara baik dengan GPU PowerVR SGX544.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here