Suka bermain drone? Mungkin bagi yang gemar bermain atau hobi dengan drone tahu berapa lama kemampuan drone mereka terbang. Yang jelas, drone saat ini rata-rata hanya bisa bertahan tidak lebih dari 30 menit. Bahkan untuk drone dengan harga puluhan juta pun juga tidak bisa bertahan lebih dari waktu tersebut.

Untuk menyiasati hal tersebut, banyak yang dilakukan oleh para pengguna drone, seperti melakukan modifikasi pada drone tersebut agar dapat menampung dua baterai sekaligus. Namun cara ini terbilang tidak efektif karena beban drone menjadi bertambah, sehingga power yang dibutuhkan untuk mengangkat drone menjadi bertambah pula.

drone-hidrogen-0

Namun semua itu akan terjawab oleh teknologi yang baru saja dikembangkan oleh Intelligent Energy. Dilansir dari The Verge, Kamis (17/12/2015), dikatakan bahwa perusahaan tersebut baru saja mengumumkan, bahwa mereka telah mengembangkan sebuah bahan bakar hidrogen untuk drone.

Pastinya ada yang spesial dari teknologi bahan bakar hidrogen untuk drone ini. Ya mereka mengklaim bahwa dengan menggunakan bahan bakar hidrogen, sebuah drone mampu terbang lebih dari satu jam. Dengan menggunakan beberapa sel baterai berbobot ringan dan menyuntikan hidrogen pada baterai, perusahaan ini berhasil membuat bahan bakar yang efisien untuk drone. Terlebih hidrogen yang ada pada baterai dapat diisi menggunakan hidrogen yang dikompres, sehingga hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk mengisi kembali daya pada baterai tersebut.

Drone (Kredit: Bloomberg View)
Drone (Kredit: Bloomberg View)

Julian Hughes selaku Direktur Pengembangan Bisnis dari Intelligent Energy mengatakan bahwa, drone adalah sebuah teknologi baru yang mengagumkan. Apalagi jika digunakan untuk kepentingan komersial, drone dengan kemampuan menyala tidak lebih dari 30 menit sangat tidak efisien. Maka dari itu, diharapkan dengan adanya teknologi bahan bakar hidrogen untuk drone ini, mampu mengatasi masalah pada lamanya drone ini terbang.

Wah semoga teknologi bahan bakar hidrogen ini segera dikembangkan lebih lanjut ya. Sehingga bagi pilot drone dapat terbang lebih lama, tanpa harus khawatir kehabisan daya.

(ND/The Verge)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here