Perkembangan fitur-fitur untuk menghasilkan gambar visual yang lebih baik pada saat bermain game di perangkat komputer, para produsen berlomba-lomba dalam meracik GPU dari meraka sendiri. Namun pertarungan sengit yang sebenarnya adalah dari brand kedua kubu antara, Nvidia dan AMD Radeon, yang dari dulu saling menyalip dalam hal teknologi di dunia GPU.

radeon-nvidia

Namun kali ini ada yang berbeda, dikutip dari Guru3D, Selasa (27/10/2015), pada pengujian yang dilakukan oleh AnandTech, kali ini kedua brand tersebut dapat bekerja sama dalam mengolah grafis. Sebelumnya kedua brand besar ini tidak dapat disatukan lantaran mereka memiliki konfigurasi tersendiri, untuk dapat menggabungkan 2 buah VGA card yang sama, AMD Radeon dengan Crossfire-nya, dan Nvidia dengan SLI-nya.

Pada pengujian yang dilakukan oleh AnandTech tersebut, penggabungan dari kedua kubu ini dinamakan dengan “asymmetric multi GPU”. Fitur tersebut memungkinkan untuk menggabungkan 2 buah VGA card secara bersamaan, meskipun dari brand dan merek yang berbeda. Hanya saja yang dibutuhkan untuk dapat menikmati fitur ini adalah kartu grafis yang sudah mendukung DirectX 12.

Untuk hasil performa dari kedua kubu ini, kartu grafis yang digunakan adalah Nvidia GeForce GTX 980 Ti, GeForce GTX Titan X, AMD Radeon R9 Fury, dan R9 Fury X. Game yang digunakan sebagai bahan pengujian adalah Ash of Singularity, yang telah mendukung secara penuh penggunaan teknologi DirectX 12. Pengaturan grafisnya pun menggunakan resolusi 2K, pengaturan grafis dengan kualitas tertinggi, dan 2x MSAA.

dx-12-0

Dari tabel di atas bisa dilihat, hasil yang lumayan mencengangkan adalah bahwa VGA card dari kedua kubu ini ternyata bisa akur. Terbukti dengan peningkatan performa saat menggunakan 1 buah VGA card saja seperti AMD Radeon R9 Fury X, dan saat disandingkan dengan Nvidia GeForce GTX 980 Ti yang meningkat hampir 2x lipat.

Namun yang patut disayangkan adalah ternyata peningkatan performa tersebut tidak jauh berbeda saat menggunakan konfigurasi Crossfire dan SLI. Mungkin hal ini dikarenakan DirectX 12 sendiri masih dalam tahap yang terus berkembang, sehingga hasil yang dicapai tidak berbeda jauh saat di Crossfire ataupun SLI. Tetapi berita baiknya adalah, kedepannya, kita dapat menggabungkan 2 buah VGA card tanpa harus membeli jenis dan merek yang sama.

(ND/Guru3D)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here