Belum ada sebulan, sistem operasi terbaru dari Apple untuk perangkat smartphone dan tabletnya, iOS 9, hadir secara resmi. Namun seperti yang diberitakan sebelumnya, iOS 9 ini sudah dapat di Jailbreak sehingga para pengguna perangkat Apple dapat menikmati fitur yang tidak terdapat pada smartphone bawaannya.

ios9-jb-0

Seperti yang dilansir dari Liliputing, Minggu (18/10/2015), dengan melakukan Jailbreak pada iOS terbaru para perangkat Apple ini, banyak fitur yang tadinya eksklusif untuk perangkat tertentu, kini dapat dinikmati oleh berbagai perangkat Apple, termasuk perangkat Apple lawas.

Salah satu fitur yang terdapat pada iOS 9 ini adalah 3D Touch, yang mana fitur ini akan merasakan tekanan pada layar saat disentuh, dan memberikan opsi tertentu untuk aplikasi yang disentuh. Sayangnya, fitur 3D Touch ini hanya terdapat pada perangkat terbaru milik Apple, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang harganya tidak bisa dibilang murah.

ios9-jb-01
Fitur 3D Touch yang tersedia pada perangkat iPhone 6s dan iPhone 6s Plus

Namun dengan melakukan Jailbreak, iPhone lawas dapat mencicipi fitur 3D Touch tersebut. Melalui sebuah tweak yang bernama Forcy yang dikembangkan oleh pihak ketiga, maka perangkat iPhone Anda dapat menikmati fitur 3D Touch tersebut. Bahkan pada perangkat iPhone 4s sekalipun, yang dirilis pada 2011 silam.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, dengan melakukan Jailbreak, konsekuensi yang harus ditanggung adalah rentannya disusupi berbagai malware, karena Jailbreak akan membuka sistem keamanan yang terdapat pada perangkat iPhone, serta dapat melakukan perubahan pada sistem.

(ND/Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here