Istilah pemrograman atau coding memang identik dengan pekerjaan orang dewasa karena membutuhkan logika dan ketelitian yang tinggi. Namun anak-anak juga dapat dikenalkan dengan pemrograman sejak usia dini. Gagasan pemrograman yang hanya bisa dilakukan oleh anak “kutu buku” mungkin akan terbantahkan, karena kini semua anak dapat belajar pemrograman dengan lebih interaktif.

Mover Kit

Memang banyak cara mengenalkan pemrograman kepada anak, mulai dari belajar online, mengikuti camp, dan melalui aplikasi mobile yang semuanya dirancang untuk membantu anak-anak belajar pemrograman dengan cara yang menyenangkan.

Namun jika Anda ingin anak-anak Anda untuk dapat membuat sesuatu menggunakan tangan mereka sendiri dan belajar program pada saat yang sama, ada proyek Kickstarter untuk wearable yang disebut Mover Kit. Ini merupakan perangkat wearable di mana anak-anak dapat menyusun sendiri atau dengan bantuan orang tua mereka. Hal ini juga diprogram yang berarti bahwa anak-anak akan dapat menentukan apa yang mereka ingin lakukan.

“Anak-anak dapat membuat sendiri “mode” yang mereka inginkan pada Mover kit dengan pemrograman sensor gerak (accelerometer), kompas (magnetometer) dan lampu pelangi (LED) dengan platform online kami yang disebut “Make”, ini dirancang khusus untuk anak-anak agar lebih mudah untuk membuat dan menerapkan kode. “

Sebagai contoh, anak-anak akan mampu menciptakan permainan mereka sendiri berbasis di sekitar Mover Kit. Mereka juga bisa datang dengan cara-cara yang berguna untuk menggunakan Mover Kit, atau bahkan mungkin membuat kostum mereka sendiri, di mana Mover Kit akan datang dengan serangkaian LED yang dapat menyala.

Namun Move Kit bukanlah gadget pertama yang menjarkan anak-anak untuk belajar coding. Pada awal tahun ini ada tim peneliti yang menciptakan robot yang disebut Root. Sama seperti Mover Kit, robot ini juga dirancang untuk membantu membuat pengalaman coding lebih menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak. Jika Anda penasaran dengan Mover Kit, bisa melihat pada video berikut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here