Departemen Pertahanan AS Melakukan Pengujian ‘Kawanan’ Micro Drone

Departemen Pertahanan AS Melakukan Pengujian ‘Kawanan’ Micro Drone

Siapa sangka jika hal yang ada pada film atau game fiksi-ilmiah bisa menjadi kenyataan. Seperti pada game Star Craft, dimana mungkin Anda akan menemukan Protoss yang disebut Carrier, dimana pada dasarnya itu merupakan sebuah kapal besar yang dapat menyebarkan segerombolan drone kecil untuk membanjiri musuh dengan serangan kecil dan hal semacam itu tampaknya akan segera hadir dalam kehidupan nyata.

Perdix Drone ( kredit : US Department of Defense)
Perdix Drone (Kredit : US Department of Defense)

Hal ini akan diwujudkan oleh Pentagon, yakni Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang telah menguji konsep serupa. Mereka telah mengungkapkan bahwa pengujian terhadap segerombolan drone berhasil dilakukan. Segerombolan drone tersebut digunakan sebagai sarana serangan.

Untuk lebih spesifik, segerombolan ini drone terdiri dari 103 Perdix mikro drone yang beroperasi dengan pikiran untuk melakukan serangan, di mana mereka dapat bergerak dan beradaptasi satu sama lain seperti kawanan yang di alam liar.

Menurut William Roper, direktur Kantor Kemampuan Strategis Pentagon, “Perdix tidak diprogram secara individu melainkan disinkronkan, mereka adalah organisme kolektif, berbagi satu otak didistribusikan untuk pengambilan keputusan dan beradaptasi satu sama lain seperti kawanan di alam. Karena setiap Perdix berkomunikasi dan bekerja sama dengan setiap Perdix lainnya, segerombolan tidak memiliki pemimpin dan dengan dapat beradaptasi dengan drone yang masuk atau keluar dari tim.”

Belum diketahui secara pasti apakah drone tersebut bakal digunakan dalam situasi dalam kehidupan nyata, namun mendengar dari konsep drone tersebut, itu terdengar cukup menakutkan sebagai sarana serangan. Namun di sisi lain, itu merupakan berita yang baik karena kita semakin dekat dengan teknologi masa depan.

NO COMMENTS

Leave a Reply