You are currently viewing DEXCOM Pemeriksaan Glukosa Darah Tanpa Menggunakan Jarum

DEXCOM Pemeriksaan Glukosa Darah Tanpa Menggunakan Jarum – Anda pecinta makanan manis? Ya, makanan manis memang sangat nikmat, namun memakan makanan yang mengandung glukosa tinggi dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darah.

Anda ingin sekali pergi ke dokter untuk mengetahui kadar gula darah Anda, tetapi terlalu sibuk untuk meluangkan waktu periksa ke dokter. Alat satu ini sebagai solusi yang akan membantu Anda dalam memantau gula darah dalam tubuh.

Dexcom G6 Alat Tes Gula Darah Tanpa Jarum

Perusahaan asal Amerika Serikat, Dexcom selama ini memang memang dikenal bergerak di bidang alat kesehatan. Perusahaan ini juga terus mengembangkan inovasi terbaru seiring berkembangnya teknologi. Melalui penelitian dan pengembangan selama bertahun-tahun, kini Dexcom menciptakan sebuah alat yang diberi nama, Dexcom G5 yang telah memiliki edisi terbaru di G6 dan di awal tahun 2023 yaitu G7.

Dexcom merupakan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai pemindai dan sekaligus memonitor gula darah yang terdapat pada tubuh seseorang. Berbentuknya oval, alat ini ditempelkan pada bagian perut. Dengan menggunakan berbagai sensor didalamnya, maka gula darah dalam tubuh Anda dapat diketahui seketika itu juga secara real-time.

Cara memantau kandungan gula darah menggunakan alat ini juga terbilang simple. Hanya perlu menyambungkan smartphone Anda yang sudah terpasang aplikasinya ke alat Dexcom Mobile ini melalui koneksi Bluetooth. Setelah kedua perangkat terhubung, maka di layar smartphone Anda akan terlihat jumlah dari kandungan gula darah Anda, dan diperbarui setiap 5 menit sekali.

Dexcom G6 Alat Tes Gula Darah Tanpa Jarum

Dexcom memiliki fungsi yang sangat penting sekali, terlebih saat sedang berolahraga atau sedang makan bersama teman-teman. Gula darah Anda selalu terpantau, karena alat ini akan menampilkan tabel dari waktu ke waktu, seperti menampilkan tingkat kadar gula darah Anda selama seharian. Entah itu menurun, naik, atau cenderung stabil. Tidak hanya itu, hasil tersebut dapat dibagikan juga dengan orang terdekat Anda, melalui smartphone Anda.

Perbandingan Dexcom G5 dan G6

Dexcom G5 adalah alat cek gula darah tanpa jarum keluaran edisi pertama yang kini disusuli oleh seri G6 yang jauh lebih up to date lagi. Seperti yang sudah kami singgung di awal artikel bahwa sudah ada berita resmi akan kehadiran Dexcom G7.

Mari kita bahas terlebih dahulu perbandingan dan perbedaan antara Dexcom G5 dan G6, informasi penting ini wajib diketahui untuk Anda yang punya keluhan di masalah gula darah.

Dexcom G6 memiliki dasar yang sama dengan pendahulunya, namun jauh lebih mutakhir dan banyak menguntungkan para penggunanya. Software smartphone yang terhubung juga dapat diunduh di sistem operasi iPhone dan Android terbaru.

Dexcom G6 Alat Tes Gula Darah Tanpa Jarum

Dexcom G6 Indonesia sudah menggunakan insertion yang jauh lebih melegakan dan menenangkan, alat ini yang berfungsi untuk menempelkan sensor guna menyalurkan insulin otomatis ke tubuh. Dibandingkan edisi G5 yang seperti alat tembak sehingga bisa membuat Anda deg-degan saat menempel.

Sensor Dexcom G5 masing-masing bertahan hanya selama satu minggu dan masih memerlukan kalibrasi dengan tes glukosa darah dengan tusuk jari sehari 2x. Sedangkan pada edisi G6 tidak diperlukan untuk kalibrasi rutin kecuali seseorang tidak memasukkan nomor sensor saat memulai sensor baru.

Kemudian perbedaan Dexcom G6 dan G5 terasa begitu mencolok di ukuran transmitter yang bisa langsung terlihat dan terasa. Ukuran transmitter G6 lebih tipis dan kecil dibandingkan G5, yang berpengaruh kepada kenyamanan pemakainya.

Kemajuan Dexcom G6 dibanding G5

Kemajuan perkembangan alat cek gula darah tanpa jarum Dexcom G6 dibandingkan edisi G5 antara lain:

  • Pemblokiran Acetaminophen – Fitur baru memungkinkan pembacaan glukosa darah yang lebih akurat tanpa gangguan pengobatan.
  • Peringatan Prediksi Gula Rendah– Fitur peringatan baru memprediksi hipoglikemia sebelum terjadi untuk membantu menghindari peristiwa gula darah rendah yang berbahaya.
  • Umur Sensor 10 Hari – Sensor bisa hingga 10 hari memungkinkan keausan 43 persen lebih lama daripada CGM Dexcom generasi sebelumnya yang hanya 7 hari saja.

Fitur Terbaru Dexcom G7

Anda yang sedang menunggu Dexcom G7 terbaru boleh mengetahui beberapa fitur terbaru tambahan dibandingkan G6. Meskipun alat tes gula darah tanpa jarum ini baru akan diluncurkan di awal tahun, tapi tidak ada salahnya bukan untuk menunggu sebentar demi alat futuristik ini? Berikut adalah tambahan fitur di Dexcom G7.

  • Transmitter / alat penyalur insulin 60% lebih kecil, dapat nyaman dikenakan, lebih mudah digunakan dengan lebih sedikit komponen
  • Pemanasan sensor 30 menit, tercepat dari semua alat CGM (Continuous Glucose Monitoring) di pasaran
  • Masa tenggang 12 jam untuk mengganti sensor yang sudah jadi untuk transisi antar sesi yang lebih mulus
  • Aplikasi mobile yang didesain ulang dan disederhanakan dengan integrasi Dexcom Clarity
  • Pengaturan alert pengingat yang ditingkatkan agar lebih berhati-hati
  • Penerima opsional yang didesain ulang lebih kecil dengan tampilan yang lebih hidup dan lebih mudah dibaca
  • Diindikasikan untuk pemakaian di punggung lengan atas untuk usia 2 tahun ke atas atau bokong atas untuk usia 2-17 tahun
  • Komponen dan kemasan plastik yang lebih kecil, menghasilkan lebih sedikit limbah dibandingkan Dexcom G6

Anda bisa melihat seluruh produk alat CGM ini lebih detail dari halaman produk resmi mereka: Dexcom

Reza Hendrawan

Penulis artikel junior yang memulai karir sebagai penulis di Berita Teknologi. Pengguna Android yang lebih suka membahas tentang perangkat mobile, aplikasi mobile, game dan gadget terbaru tentunya. Salam Tekno!

Leave a Reply