You are currently viewing Di Kamboja, Google Earth dan SMS Jadi Bagian Penting dari Pemberantasan Penyakit Malaria

Di Kamboja, Google Earth dan SMS Jadi Bagian Penting dari Pemberantasan Penyakit Malaria

Sebuah cara yang unik dilakukan untuk pemberantasan penyakit malaria di Kamboja. Cara unik tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi berupa SMS dan Google Earth.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan dua hal tersebut untuk penanggulangan penyakit malaria? Warga Kamboja dilengkapi dengan seperangkat handphone. Handphone tersebut pun telah dilengkapi dengan SIM card yang secara khusus digunakan untuk mengirimkan pesan kepada pihak terkait jika kasus malaria muncul di daerah.

Selanjutnya, setelah pesan tersebut dikirimkan, maka Google Earth akan digunakan untuk memetakan penyebaran penyakit malaria. Dengan metode pelaporan ini, pemerintah Kamboja merasa sangat terbantu. Terlebih sebelumnya mereka membutuhkan waktu sebulan untuk melakukan hal serupa.

Selain memberikan data pemetaan yang lebih cepat, proyek ini terbukti juga membuat jumlah terjadinya pengurangan jumlah kasus malaria. Pada tahun 2011, terdapat 108 ribu kasus. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 600 ribu kasus.

SIM card untuk handphone-handphone tersebut disediakan secara gratis oleh Mobitel dan merupakan bagian dari proyek yang didanai oleh Bill and Melinda Gates Foudation. Saat ini, terdapat 230 sukarelawan yang terlibat dalam proyek tersebut.

(Via Phonearena)

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply