Jika berbicara tentang pengalaman bersantap, pasti kita akan mengingat tentang makanan yang unik, entah dari jenis bahan atau cara membuatnya yang unik. Di Food Ink, terdapat sebuah makanan yang menarik, bukan dari bahannya namun dari cara pembuatan makanan tersebut.

Food Ink 2

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar terlampir, restoran yang berbasis di London ini menggunakan printer 3D untuk mencetak makanan di atas piring. Tentu dengan sentuhan teknologi, makanan yang dibuat terasa unik.

Restoran ini membuat menu makan malam yang lezat, di mana semua itu memenuhi seni, filsafat, dan teknologi masa depan. Ini membuktikan bahwa printer 3D tidak hanya bisa membuat peralatan dan furnitur saja, namun juga termasuk hidangan berkelas.

Food Ink 3

Tapi bagaimana makanan sekelas buatan tangan koki ternama bisa dibuat menggunakan printer 3D? Ternyata, ada sebuah alat yang disebut byFlow, yang memungkinkan koki untuk menggunakan bahan-bahan seperti hummus, chocolate mousse, atau makanan lainnya seperti pasta untuk membuat hidangan estetis yang spektakuler.

Konsep yang digunakan printer 3D ini sebenarnya hampir sama seperti prinsip chef yang menggunakan pastry bag untuk membuat ice cake. Adonan yang sudah siap kemudian diekstrusi dan ditumpuk secara vertikal ke dalam dicetakan tiga dimensi dari file digital.

Food Ink 4

“Dalam hal ini, bag pastry diperas dan dipandu oleh lengan robot dari pinter 3D dengan tingkat presisi yang sama seperti bila dilakukan oleh manusia” kata co-founder Food Ink, Anthony Dobrzensky.

Karena merupakan sesuatu yang langka, tentu untuk mendapatkannya pun juga tidak mudah. Bulan lalu, Food Ink hanya membagikan beberapa tiket saja selama tiga hari, di mana pengunjung yang mendapatkan tiket berkesempatan mencicipi hidangan dari Food Ink. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here