Bisnis smartphone Samsung dalam beberapa bulan terakhir mengalami kelesuan. Namun hal yang berbeda dialami oleh Apple yang merupakan kompetitor utama dari Samsung. Meski meluncurkan produk yang dari tahun ke tahun harganya semakin mahal, tingkat penjualan iPhone milik Apple terus mengalami kenaikan.
iphone6-iphone6plus
Pada laporan fiskal kuartal ketiganya, Apple mengungkapkan kalau mereka berhasil menjual sebanyak 47,5 juta unit iPhone. Angka tersebut pun mengalami kenaikan sebesar 35 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2014. Dan pendapatan dari penjualan handset inipun mengambil porsi 63 persen dari total pendapatan Apple.

Hal ini cukup masuk akal, karena rata-rata harga iPhone saat ini lebih mahal 100 USD jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tak lain karena keberadaan iPhone 6 Plus ditawarkan oleh Apple dengan banderol mulai dari 749 USD. Dan pendapatan Apple di segmen smartphone ini meningkat sebesar 59 persen ke angka 31,37 miliar USD.

Sayanngya, dalam laporan keuangannya ini, Apple tidak menyebutkan pencapaian penjualan Apple Watch. Mereka pun memasukkan Apple Watch dalam kategori ‘other products’ yang memberi kontribusi pendapatan sebesar 2,64 miliar USD bagi Apple. Sementara itu penjualan iPad terus mengalami penurunan untuk keenam kalinya secara berturut-turut dan kali ini menurun hingga 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

via WSJ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here