Beberapa hari lalu kabar mengejutkan hadir untuk gamer bajakan, karena salah seorang cracker dengan nama Voksi berhasil menggunakan celah keamanan pada sistem anti-bajakan, Denuvo. Dengan celah tersebut, Voksi mampu membuat game yang menggunakan sistem anti-bajakan tersebut. Seperti beberapa diantaranya adalah game Doom 2016, Just Cause 3 dan Rise of Tomb Raider.

rise_of_the_tomb_raider-cpy

Celah keamanan yang digunakan oleh cracker asal Bulgaria ini dengan memanfaatkan Steam, sehingga meskipun gamer memainkan game bajakan, diperlukan akun Steam untuk dapat memainkan game tersebut. Namun sayang, tidak berumur panjang, Denuvo langsung menutup celah tersebut dan membuat gamer di dunia kelabakan.

Bak malaikat yang turun dari langit, sekelompok cracker bernama CONSPIR4CY alias CPY datang dengan crack versi terbaru mereka. Seperti yang dilansir dari Kotaku, Rabu (10/8/2016), kelompok cracker CPY menghadirkan crack versi mereka, sehingga dapat memainkan game yang menggunakan Denuvo secara gratis. Pada awal perilisannya ini, CPY merilis crack untuk game Rise of Tomb Raider.

rise_of_the_tomb_raider-cpy1

Yang berbeda pada crack kali ini adalah, selain ukurannya yang tidak mencapai ratusan KB, gamer tidak perlu  bersusah payah lagi menggunakan akun Steam. Jadi crack versi CPY ini mirip dengan crack yang biasa dijumpai, dimana dapat dimainkan secara offline, tidak perlu koneksi internet seperti crack dari Voksi.

Memang untuk saat ini CPY hanya menghadirkan satu judul game saja, namun dengan awal yang manis, kemungkinan beberapa judul game ke depannya juga dapat dibobol oleh CPY. Itupun bila Denuvo tidak segera menambal celah yang digunakan oleh CPY. Sepertinya memasuki penghujung tahun 2016 ini perang antara cracker dengan Denuvo akan semakin sengit ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here