Sistem operasi Windows XP memang dikenal sebagai platform yang digunakan untuk perangkat PC dan notebook. Namun jangan salah, ternyata software milik Microsoft tersebut ternyata juga sempat hadir pada perangkat mobile, lebih tepatnya dalam versi Embedded. Sebagai contoh adalah dua handphone yang bernama ITG xpPhone dan ViewSonic VCP08.

ITG xpPhone mempunyai tampilan seperti handphone communicator milik Nokia. Namun ponsel ini hadir dengan desain layar geser. Selanjutnya, handphone ini juga mempunyai layar sentuh berukuran 4,8 inci yang terbuat dari bahan TFT.

xpphone_1

Handphone ini dilengkapi dengan sebuah tombol arah yang berfungsi sebagai pengganti mouse. Selain itu, terdapat pula tombol yang berguna untuk pengganti klik kiri serta klik kanan. Tak lupa, terdapat pula sebuah touchpad serta GPS.

xpphone_2

Untuk spesifikasinya sendiri, xpPhone memiliki prosesor dari AMD yagn dibarengi oleh RAM sebesar 1GB. Handphone ini juga mempunyai kapasitas penyimpanan hibrid, HDD-SSD yang masing-masing berkapasitas 120GB dan 64GB. Selain itu, terdapat pula port USB full size.

Sementara itu ViewSonic VCP08 hadir dengan desain clamshell dan mempunyai dua layar, hampir mirip dengan Communicator Nokia. Layar pada bagian luar berukuran kecil, sementara pada bagian dalamnya mempunyai ukuran 4,3 inci. Selian itu, handphone ini juga dilengkapi dengan keyboard QWERTY.

vcp08_1

Lebih lanjut, terdapat prosesor Intel ULV yang dibarengi oleh RAM sebesar 512MB. Untuk kapasitas penyimpanannya, terdapat memori internal sebesar 8GB yang bisa ditambah dengan slot microSD. Sementara di bagian belakang, terdapat kamera utama 2MP.

via Phonearena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here