Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa pada tahun 2016 ada beberapa serangan pada sistem kemanan yang patut diantisipasi. Salah satunya adalah peretasan dan bangkitnya zombie botnet secara besar-besaran. Nah belum genap 7 hari berjalan, pada awal tahun 2016 ini ada beberapa serangan para peretas alias hacker, yang menumbangkan beberapa situs ternama.

ddos

Dikutip dari ZDNet, Senin (4/1/2016), yang menjadi sasaran serangan para hacker ini adalah situs BBC dan situs kampanye milik salah satu kandidat calon presiden Amerika tahun 2016, Donald Trump. Disebutkan bahwa akibat serangan hacker tersebut situs kampanye Donald Trump selama satu jam, sedangkan situs BBC tumbang hingga tiga jam.

Kabarnya serangan yang dilancarkan para hacker ini menggunakan teknik Distributed Denial of Service (DDoS), yang mana akan membebani kerja server secara terus menerus dengan mengirim paket data secara masif. Akibatnya server dari penyedia situs tersebut tumbang dan situs yang bersangkutan tidak dapat diakses.

Dari informasi yang beredar, kelompok hacker yang menyebut dirinya adalah Ownz, mengatakan bahwa serangan ini adalah permulaan, karena mereka menyebutkan masih menguji kekuatan server yang digunakan oleh situs BBC dan situs kampanye Donald Trump. Mereka menyatakan bahwa ISIS adalah target utama mereka. Tapi tidak hanya ISIS, mereka juga menambahkan bahwa memiliki target lain dan siap meluncurkan serangan kembali pada Selasa nanti.

ownz-bbc-trump

Ownz yang mendeskripsikan diri mereka sebagai “hacktivist” disebut-sebut menggunakan penyedia server dari Amazon untuk melancarkan aksi DDoS. Namun pihak Amazon mengatakan bahwa mereka selalu mengawasi penggunaan layanan server mereka, untuk menghindari penyalahgunaan. Namun Ownz mengatakan bahwa mereka memiliki cara lain untuk mengelabuhi pihak Amazon.

Kira-kira situs mana saja ya yang menjadi sasaran Ownz pada Selasa nanti? Semoga bukan situs dari Indonesia ya, sehingga tidak ada kerugian yang diakibatkan.

(ND/ZDNet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here