Jika kita mendengar kata Disney, pasti yang ada di pikiran kita adalah film animasi atau wahana permainan yang seru. Namun ternyata, Disney punya sebuah smartwatch yang bisa mengenali benda yan kita sentuh. Hal ini memungkinkan kita dapat mengetahui benda apa yang kita sentuh meski mata kita tertutup.

(Kredit:Stuff)
(Kredit:Stuff)

‘Sihir’ pada smartwatch ini dikembangkan oleh orang-orang pintar yang ada di balik┬áCarnegie Mellon University bersama dengan Disney Research Center. Kemampuan smartwatch itu bukanlah sihir, melainkan sebuah teknologi ilmiah. Dengan menerapkan teknologi yang sedang menereka kembangkan maka smartwatch itu mampu mengenali benda-benda yang sedang kita sentuh.

Lalu bagaimana cara kerja smartwatch hingga dapat mengenali benda di dekatnya? Hal ini sangat mungkin karena adanya teknologi baru, yakni EM- Sense. Setiap objek atau benda memiliki gelombang elektro magnetik (EM). Ketika pengguna smartwatch tersebut menyentuh suatu benda, maka sinyal elrktro magnetik akan tersalur ke seluruh tubuh pengguna. Dengan teknologi EM-Sense, smartwatch ini dapat mengenali benda yang berbeda dengan cara mengenali pola setiap gerakan benda.

Smartwatch ini masih dalam tahap pengembangan atau masih berbentuk prototipe, namun jika wearable ini sudah tersedia maka diharapkan wearable ini dapat membantu penggunanya lebih dari smartwatch pada umumnya. Karena smartwatch ini memiliki kelebihan pada navigasi, peringatan, pemantau kebugaran dengan cara yang lebih mudah.

Untuk ketersediaanya, pihak Disney Research Center sendiri belum memberikan informasi kapan wearable ini bakal tersedia. Demikian sebagaimana yang diwartakan Stuff, Senin (16/11/2015).

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here