Game-game di zaman sekarang bisa dibilang sudah menyajikan kualitas grafis yang sangat mengagumkan. Terutama untuk judul game AAA, yang pastinya kita sudah bisa tahu game AAA selalu menyajikan grafis dan gameplay yang memukau. Namun di balik itu, masih saja ada beberapa sekumpulan orang atau kelompok yang mencoba untuk memodifikasi game-game tersebut agar dapat berjalan lebih optimal, bahkan memodifikasi agar kualias grafis yang ditampilkan game tersebut lebih baik.

gta-v-mod-02

Seperti salah satu judul game AAA yang paling sering dimodifikasi oleh para modder adalah, Grand Theft Auto. Siapa yang tak tahu game ini? Game yang selalu menuai kontroversi namun tetap memiliki angka penjualan yang fantastis ini tak pernah lepas dari tangan para modder.

Baru-baru ini beredar sebuah mod untuk serial terbaru, Grand Theft Auto V (GTA V), yang mana mod ini bisa dikatakan menghasilkan kualitas grafis yang sangat mengesankan. Dikutip dari Kotaku, Selasa (1/12/2015), mod yang dinamakanĀ The Pinnacle of V – World Enhancement Project ini membawa perubahan yang cukup signifikan dibanding dengan kualitas grafis bawaan game GTA V sendiri.

gta-v-mod-01

gta-v-mod-03

Josh Romito selaku modder yang menggarap proyek ini mengatakan, dirinya membawa beberapa perubahan seperti peningkatan shader, pencahayaan yang baru, penambahan efek cuaca, serta sedikit peningkatan untukĀ efek asap. Namun perubahan yang paling terlihat jelas adalah, Josh menambahkan tekstur 4K kedalam game GTA V. Pada situsnya, dia memberikan hasil screenshot dari game ini yang telah dibekali dengan mod buatannya.

Hasilnya, dari kendaraan, cuaca, air, dan tanaman terlihat lebih tajam dengan visualisasi efek yang sangat mengagumkan. Bahkan saat cuaca sedang hujan, partikel air hujan yang jatuh ke tanah memiliki kualitas yang sangat mengesankan, jauh melebihi efek orisinil dari game ini sendiri.

gta-v-mod-05

 

gta-v-mod-04

Tapi Josh mengatakan mungkin untuk perangkat PC dengan spesifikasi yang rendah perlu menurunkan beberapa pengaturan grafis, agar GTA V dengan mod ini dapat berjalan dengan lancar. Dia juga menambahkan, dengan mod ini, akan membuat game ini menjadi lebih berat.

(ND/Kotaku)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here