(Kredit: Softpedia)

Oppo merupakan salah satu vendor smartphone asal Tiongkok yang bakal meluncurkan smartphone flagshipnya beberapa bulan mendatang. Namun dalam waktu dekat ini, Oppo diketahui bakal meluncurkan smartphone mereka untuk segmen menengah, yakni Oppo R9 dan R9 Plus.

(Kredit: Softpedia)
(Kredit: Softpedia)

Kedua perangkat smartphone tersebut telah mendapatkan restu dari TENAA, yakni badan regulasi perangkat telekomunikasi negara Tiongkok. Oppo sendiri rencananya bakal resmi memperkenalkan keduanya pada tanggal 17 Maret mendatang. Namun sebelum perangkat tersebut diperkenalkan secara resmi, kita dapat mengetahui spesifikasi dari daftar spesifikasi yang ditampilkan di situs TENAA.

Oppo R9

Diantara kedua smartphone tersebut, nampaknya Oppo R9 bakal menjadi yang termurah, smartphone akan membawa prosesor octa core yang disandingkan dengan RAM sebesar 4GB dan memori penyimpanan internal sebesar 32GB yang masih dapat diperluas hingga 128GB menggunakan micro SD. Model ini akan mengusung layar seluas 5,5 inci dengan resolusi FHD 1080p.

Untuk urusan fotografi, sepertinya Oppo serius membenamkan setup kamera mumpuni pada setiap smartphone mereka. Oppo R9 mengusung kamera utama 16MP yang sudah dilengkapi dengan autofokus, flash LED, dan lain-lain. Sementara untuk selfie dan video call dapat menggunakan kamera depan beresolusi 13MP yang terbilang besar.

oppo-r9-and-r9-plus-full-specs-leak-ahead-of-march-17-reveal-501688-2

Oppo R9 Plus

Untuk versi Plus akan memiliki layar yang lebih luas, yakni seluas 6 inci namun untuk resolusi masih sama, FHD 1080p. Versi yang lebih tinggi dari Oppo R9 reguler ini disokong Qualcomm Snapdragon 652 denganprosesor octa core 1,8GHz, unit pengolah grafis Adreno 510 dan 4GB RAM. Selain itu, terdapat pula penyimpanan sebesar 64GB yang masih dapat diperluas menggunakan micro SD hingga 128GB.

Untuk urusan fotografi, keduanya diberikan konfigurasi yang sama, yakni 16MP untuk kamera belakang dan 13MP untuk kamera depan. Kedua versi smartphone ini datang dengan sensor pemindai sidik jari di tombol home. Konektivitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, termasuk 4G LTE, WiFi, Bluetooth, VoLTE, dan GPS/AGPS.

Selain ukuran, perbedaan yang terasa dari keduanya adalah kapasitas baterainya, di mana Oppo R9 hanya memiliki baterai sebesar 2850mAh dan Oppo R9 memiliki kapasitas baterai sebesar 4120mAh. Kedua varian juga telah didukung dengan teknologi pengisian cepat VOOC. Sayangnya, keduanya masih menjalankan Android 5.1 Lollipop, di mana kebanyakan smartphone terbaru telah menjalankan Android 6.0 Marshmallow.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here