Saat ini penggunaan drone sangat beragam, mulai dari yang sekedar hobi hingga merambah ke industri profesional, seperti pembuatan film, survei daerah, memeriksa proyek, dan masih banyak hal lain yang sulit dilakukan secara manual oleh manusia.

dji-zenmuse-z30

Karena permintaan drone yang canggih semakin tinggi, maka untuk memenuhi permintaan dari industri tertentu para produsen drone berlomba-lomba meluncurkan drone canggih mereka. Salah satu yang rajin meluncurkan drone canggih adalah DJI, dimana mereka baru-baru ini mengumumkan kamera tambahan baru untuk drone, yakni Zenmuse M30.

s5-p1-881116d1c2eb36ffb5b06ff7c6039e70

Alat tambahan tersebut tidak ditujukan untuk konsumen biasa, namun lebih ditujukan ke arah pasar industri yang mungkin memerlukan lensa untuk kamera yang mampu melakukan zoom hingga 30 kali. Tentu hal ini membuat pihak Swedia tidak senang dengan hal itu, karena negara Swedia baru-baru ini melarang drone yang memiliki kamera terbang di wilayah umum.

Zenmuse Z30 bukan alat tambahan kamera pertama yang ditawarkan oleh perusahaan. Sebelum ini, mereka juga memiliki Z3 yang ditawarkan dengan kemampuan 7x zoom, sehingga kemungkinan alat tambahan ini dapat bertahan lebih lama karena memiliki kemampuan berkali-kali lipat dari pendahulunya.┬áMenurut spesifikasi yang dimilikinya, itu akan datang dengan sensor CMOS 1/2.8 inci, stabilisasi 5-axis, dan aperture f/1.6 – f/4.7.

s5-p2-be3e379c36d512f29fba5d22c45315d7-1

Dengan semua spesifikasi yang ditawarkan oleh Zenmuse Z30 ini, bisa dikatakan jika hasil fotonya harus bisa memberikan tingkat kejelasan gambar yang lebih tinggi bahkan pada focal length maksimal. Kamera ini juga kompatibel dengan drone DJI Matrice yang telah diumumkan awal tahun ini. Sayangnya perusahaan belum menyebutkan mengenai harga Zenmuse Z30.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here