Salah satu cara memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara adala melalui sebuah game. Dan salah satu yang menempuh cara tersebut adalah game D’Kala yang mengajak pecinta game untuk mengenal lebih jauh budaya Nyepi di Bali.

Bagi anda yang belum tahu, biasanya sehari sebelum merayakan Nyepi, warga Bali mengadakan ritual Ogoh-ogoh, yakni sosok menyeramkan yang dipercaya membawa banyak energi negatif dari sekeliling masyarakat. Di akhir ritual, Ogoh-ogoh pun dibakar. Hal ini dipercaya masyarakat Bali akan melepaskan energi negatif dan menghasilkan energi positif untuk masyarakat sekitar.

D’Kala menantang para pemainnya untuk mengumpulkan energi negatif dari Ogoh-ogoh yang akan dikembalikan kepada tempatnya. Beberapa tantangan pun harus dilalui sebelum pemain bisa mendapatkan energi positif.

Game yang digarap oleh para pelajar di Bali dan dipublikasikan oleh Bamboomedia ini dibuat dengan system permainan yang sederhana. Rencananya, D’Kala akan dipamerkan di ajang CeBIT di Hannover Jerman.

Jika anda ingin mencobanya, game D’Kala ini sudah tersedia di Android Market dan dijanjikan akan segera tersedia untuk iPad.

via inet.detik

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here