Platform Android memang dikenal asyik karena platform dengan lambang robot hijau ini memiliki jutaan aplikasi yang dapat diinstal secara gratis maupun berbayar. Namun kendala yang sering dijumpai adalah ukuran atau size dari aplikasi Android berukuran besar, yang tentu saja bisa mempersempit memori pada perangkat. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Google telah memiliki cara tersendiri untuk mengatasi hal tersebut.

google-play

Google telah menemukan cara efektif untuk memperkecil ukuran aplikasi Android yang dapat diunduh via Play Store, termasuk juga file update. Tentunya, dengan semakin kecil ukuran file akan semakin mempercepat proses pengunduhan dan dapat membuat kapasitas memori perangkat menjadi lebih lega.

Sebelumnya, Google hanya mampu menyusutkan ukuran file aplikasi Android sebanyak 47% dari total ukuran asli file APK tersebut. Berkat algoritma bsdiff (Binary diff/patch utility), Google dapat mengurangi ukuran delta hingga 50%. Dengan menerapkan patch ke file binary, bsdiff dapat menghasilkan patch binary 50% – 80% lebih kecil ketimbang Xdelta.

Untuk saat ini, Google bakal menggunakan cara baru untuk menyusutkan ukuran file hingga 65% dari file yang sudah disusutkan via bsdiff. Bahkan untuk beberapa kasus, Google dapat memangkas ukuran hingga menjadi 90% dengan menggunakan teknik patching File-by-File. Namun, untuk saat ini teknologi patching ini hanya digunakan untuk layanan update otomatis saja.

Singkatnya, Google menjelaskan bahwa keunggulan dari patch ini seperti jika Anda adalah seorang penulis buku yang hendak diterbitkan dan ingin mengganti satu kalimat, maka Anda hanya perlu mengganti satu kalimat tersebut ketimbang mengirim satu buku penuh yang sudah direvisi. Jadi perbaikan aplikasi lebih cepat dan efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here