Ghost Drone 2.0 (Kredit: Gizmag)

Drone sejatinya dapat dikendalikan dengan menggunakan remote control atau smartphone, namun berbeda dengan drone satu ini. Ya, Ghost Drone, drone satu ini bisa kita kendalikan menggunakan kaca mata virtual reality. Drone buatan perusahaan asal negeri Tirai Bambu itu dapat kita kendalikan hanya dengan menggerakan kepala saja.

Ghost Drone 2.0 (Kredit: Gizmag)
Ghost Drone 2.0 (Kredit: Gizmag)

Seperti yang diwartakan Gizmag, Senin (09/11/2015), Ghost Drone yang menggabungkan teknologi virtual reality dan teknologi drone bukan merupakan hal yang baru. Sebenarnya ide ini telah ada sejak tahun lalu, di mana perusahaan Parrot meluncurkan drone yang bernama Bepop. Pengguna dimungkinan dapat mengubungkan controller drone tersebut dengan perangkat virtual reality seperti Oculus Rift, untuk mengendalikan drone dengan hanya menggerakan kepala saja.

Dengan begitu, menerbangkan drone menjadi lebih menarik dengan sensasi yang berbeda. Sensasi seperti terbang sungguhan juga dapat dirasakan, karena perangkat virtual reality tersebut memvisualisasikan apa yang sebenarnya drone lakukan. Saat drone tersebut melayang di udara, manuver drone akan mengikuti gerakan kepala dari sang pilot.

Pengembang Ghost Drone, Ehang mengembangkan drone yang lebih canggih dengan Ghost Drone 2.0 yang dilengkapi dengan headset VR dan terdapat kamera tertanam pada drone untuk mengabadikan gambar. Drone ini dibekali dengan sebuah kamera berkekuatan 12MP dengan kemampuan merekam video hingga 4K.

Drone yang dibekali dengan baterai berkapasitas 4.500mAh ini juga diklaim mampu terbang selama 25 menit dengan ketinggian hampir 1 kilometer diatas permukaan tanah. Drone ini juga diklaim zero latency di frekuensi 5,8GHz. Pihak developer pun juga mengembangkan aplikasi untuk OS Android dan iOS, agar dapat mengendalikan drone ini melalui perangkat smartphone.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here