Drone sudah tidak asing bagi kita karena sekarang penggunaan drone sudah umum dikalangan masyarakat. Apalagi dengan varian yang lebih banyak dari berbagai merek, juga dibanderol dengan harga yang tidak membuat dompet jebol, menjadikan drone bukan barang mahal dan sudah menjadi hobi bagi sebagian orang.

Namun penggunaan drone ini terkadang tidak didampingi dengan ahlinya, sehingga bagi para pemula sering kali merasa mudah panik karena tidak dapat mengendalikan drone miliknya. Seperti yang terjadi di Kanada belum lama ini, dimana nasib malang menimpa seorang wanita karena kepalanya harus kejatuhan sebuah drone pada sebuah acara publik yang berlangsung di Beloeil, Quebec.

drone-crash

Dilansir dari PetaPixel, Jumat (24/6/2016), dari rekaman kamera drone resmi acara tersebut, nampak drone dengan jenis DJI Phantom 3 hilang kendali dan langsung mengenai tepat kepala seorang wanita yang bernama Stéphanie Creignou. Akibatnya, Creignou langsung ambruk dan untungnya ditolong oleh temannya yang sedang bersamanya, kemudian langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

Saat di rumah sakit, Creignou menjelaskan bahwa tidak ada luka serius, hanya sedikit bekas luka di kepalanya sehingga membuatnya harus beristirahat dan membatalkan rencana liburan bersama suaminya. Dia mengatakan akan menyeret sang operator drone tersebut ke meja hijau atas aksinya yang membahayakan tersebut. Operator drone yang diketahui bernama Rosaire Turcotte tidak mengetahui secara pasti mengapa drone miliknya bisa hilang kendali begitu saja.

Pihak pemerintah Kanada melalui Transportation Safety Board of Canada mengatakan bahwa baru pertama kali ada kecelekaan drone dan kini kasus ini sedang diselidiki. Namun menurut pengamatan bahwa drone DJI Phantom 3 tersebut terbang secara ilegal dan sangat membahayakan karena terbang dengan ketinggian yang bisa dikatakan dekat dengan banyak orang, apalagi pada sebuah acara publik.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here