Drone mini yang dikendalikan oleh radio kontrol biasanya digunakan untuk keperluan dunia fotografi atau untuk keperluan entertainmen seperti meliput objek wisata dari atas ketinggian, namun kali ini Drone yang dikendalikan oleh radio kontrol terbang di atas lautan dengan ketinggian 10 kaki digunakan untuk merekam ikan paus yang sedang menyemburkan air dari permukaan laut, untuk apa yah?

150804104755-whale-drone-restricted-exlarge-169

Ternyata ada tim peneliti yang menggunakan Drone Hexacopter untuk mempelajari tentang kehidupan ikan paus di Stellwagen Bank National Marine Sanctuary, New England. Para peneliti ini menggunakan Drone untuk mendapatkan gambar yang akurat. untuk melihat keadaan ikan paus yang bisa dilihat dari semburan nafas ikan paus.

Bentuk kecilnya yang menyerupai mainan, tidak membuat ikan paus menjadi stress, di mana hal ini sangat menguntungkan tim peneliti untuk menganalisa kesehatan ikan paus tanpa membuat ikan paus merasa terganggu.

Pada dasarnya penggunaan drone ditujukan untuk mengambil gambar atau video dengan sudut pandang yang baik, misalnya untuk merekam kehidupan ikan paus di laut, sehingga tim peniliti tidak harus menggukanan helikopter untuk merekam keadaan ikan paus,  disamping akan membuat ikan stress. penggunaan helikopter juga membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here