Saat ini kita telah mengenal berbagai macam bentuk drone, dan semua itu sangat mudah ditemui di pasaran. Seperti yang diketahui, drone dengan sayap lebih efisien dibandingkan dengan drone quadcopter, dan drone dengan sayap dapat menempuh jarak yang lebih jauh serta lebih cepat.

aerovironment-quantix-1

Namun kelemahan drone dengan sayap adalah membutuhkan ruang yang cukup besar untuk lepas landas atau mendarat dan kelebihan drone quadcopter sangat mudah mendarat dan lepas landas di tempat yang sempit sekalipun.

Itulah mengapa beberapa perusahaan telah mengembangkan drone yang dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal, namun dapat berubah ke penerbangan horisontal ketika sudah berada di udara. Salah satu yang terbaru adalah AeroVironment Quantix yang dirancang untuk menjadi sangat mudah dalam pengoperasiannya.

aerovironment-quantix-3

Drone ini ditujukan untuk industri seperti penginderaan jauh dan survei, pesawat ini diprogram melalui tablet Android khusus bergaya controller. Untuk mengendalikannya sangat mudah, pengguna hanya perlu menggaris garis pada peta sebagai jalur penerbangan. Selanjutnya, mereka dipandu untuk checklist semua kebutuhan sebelum melakukan penerbangan. Terakhir, pengguna hanya perlu menekan tombol “Terbang” di controller, dan pesawat tak berawak akan lepas landas.

Dia akan terbang sepanjang jalan yang sudah ditentukan sebelumnya pada ketinggian yang sudah dipilih oleh pengguna, dimana drone mengumpulkan data dengan warna dan sensor multispektra. Setelah misi selesai, drone akan mendarat secara vertikal kembali pada titik lepas landas. Namun pengguna juga dapat mendaratkan drone kapan saja, dengan menekan tombol Mendarat Sekarang atau Kembali.

Sayangnya belum ada informasi mengenai berapa harga drone ini, namun drone ini diharapkan dapat tersedia pada pertengahan tahun ini. Bagi Anda yang penasaran bisa melihat video berikut ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here