Pasar dunia online memang menyimpan potensi yang sangat besar. Dan dua perusahaan BUMN tanah air pun bersiap untuk memanfaatkan potensi tersebut. Dua BUMN ini adalah Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dan Pos Indonesia. Kedua perusahaan BUMN ini, seperti dikutip dari E27, bersiap untuk meluncurkan platform e-commerce miliknya.

rni

Platform e-commerce milik Pos Indonesia menurut rencana akan secara resmi diumumkan pada bulan mendatang. Sementara itu PT RNI telah secara resmi meluncurkan marketplace online yang bernama PasarProdukBUMN. Situs jual beli online ini pun bertujuan untuk menjual berbagai produk yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan BUMN.

Langkah menuju ke persaingan bisnis online ini bukanlah yang pertama kalinya dilakukan oleh Pos Indonesia. Sebelumnya pada tahun 2012 mereka pernah meluncurkan toko online bertajuk PlazaPos. Toko online ini menawarkan produk fashion serta lifestyle impor. Sayangnya, layanan online PlazaPos tersebut tidak mampu bersaing dengan toko online lain yang ada di Indonesia.

Meskipun begitu, Pos Indonesia nampaknya masih belum kapok. Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono mengungkapkan kalau toko online yang bakal mereka luncurkan merupakan sebuah marketplace yang menjual produk-produk UMKM. Gilarsi pun mengungkapkan kalau mereka tidak akan menjual produk elektronik ataupun handphone di marketplace baru itu.

Saat ini, Pos Indonesia pun mengaku telah mempunyai sebanyak 30 pelaku UMKM yang berasal dari dua kabupaten, yakni Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik. Selanjutnya, akan ada sebanyak 600 display corner yang akan ditampilkan di 4500 titik kantor Pos Indonesia di wilayah Provinsi Jawa Timur. Dan setelah itu, Pos Indonesia pun akan mengembangkan cakupannya hingga Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here