Dubai Bakal Jadi Negara Pertama Dunia yang Tawarkan Layanan Drone Taksi

Dubai Bakal Jadi Negara Pertama Dunia yang Tawarkan Layanan Drone Taksi

by -

Dubai yang menjadi ibu kota negara Uni Emirat Arab saat ini terus menata diri dengan berbagai teknologi canggih. Dalam waktu dekat, pemerintah setempat pun bersiap untuk menggunakan layanan transportasi baru, yakni layanan taksi menggunakan drone.

drone ehang

Drone yang digunakan tentu bukanlah drone biasa, melainkan drone bernama Ehang 184 yang diproduksi oleh sebuah perusahaan dari Cina. Drone ini bisa berjalan secara otomatis dan di dalamnya telah tersemat sistem navigasi khusus. Dengan begitu, drone ini pun tidak perlu keberadaan seorang pilot.

drone ehang-1

Untuk memesan layanan drone taksi ini pun cukup mudah. Bisa melalui aplikasi di smartphone. Hanya saja, karena kendaraan yang dipakai adalah sebuah drone, ada batasan-batasan yang harus diperhatikan. Pertama, drone ini hanya mampu terbang selama 30 menit dengan jarak tempuh antara 40-50 km. Selain itu, bobot maksimal yang bisa diangkut adalah seberat 100 kg.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=a5Q2W0r5e-s[/embedyt]

Ehang ini pun kabarnya sudah melakukan berbagai pendekatan agar bisa menguji kemampuan drone-nya secara langsung. Tidak hanya dengan pemerintah Dubai, tapi juga dengan pengambil kebijakan negara bagian Nevada di Amerika Serikat. Mereka juga telah bekerja sama dengan perusahaan bioteknologi dan mengambil peran pengiriman organ buatan.

Kalau pengujian berjalan lancar, layanan drone taksi di Dubai ini bakal berjalan pada bulan Juli 2017 ini. Mengingat Dubai adalah tempat tinggalnya orang-orang berduit, kemungkinan layanan drone taksi ini bakal cukup menarik perhatian di kota tersebut. Mau coba?

(BHK)

NO COMMENTS

Leave a Reply