Apakah Anda masih ingat dengan Android Market? Jika Anda mantan pengguna Samsung Galaxy Mini dkk, pasti Anda tidak asing dengan toko aplikasi dan game yang terinstal secara default pada OS Android pada saat itu. Google sendiri telah menerapkan peralihan dari Android Market ke Play Store yang menjadi portal aplikasi Android resmi hingga saat ini.

android-market-asd

Namun tanpa kita sadari, tampaknya Google masih memberikan dukungan untuk berbagai perangkat dan sistem yang telah usang. Ya, ternyata Android Market selama ini masih berjalan pada platform Android tua seperti Android 2.1 Eclair, namun tidak lagi untuk sekarang.

Google telah mengumumkan bahwa telah usangnya OS Android 2.1 Eclair, dimana OS tersebut mencapai ambang kurang dari 0.1% pada ekosistem Android, akhirnya Google memutuskan untuk berhenti mendukung Android Market pada sistem tersebut. Mengingat OS tersebut hanya menjadi presentase kecil pada keseluruhan Android, seharusnya hal tersebut tidak menjadi masalah.

Google sendiri memperkenalkan Play Store pada OS Android 2.2, jadi perangkat yang lebih tua dari itu mungkin harus meng-upgrade sistem mereka, mengingat saat ini sistem tersebut telah berusia tujuh tahun. Anehnya, ada versi Android Market untuk perangkat Android 2.2 yang masih aktif di dunia, jadi Google akan terus mendukung sistem tersebut, namun secara teoritis dukungan tersebut tidak akan berlangsung lama dan pengguna perangkat lawas terpaksa harus upgrade ke sesuatu yang lebih baru lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here