Seperti halnya yang terjadi pada distribusi Linux lainnya, ada saatnya ketika upaya dukungan terhadap suatu distribusi dianggap tidak lagi layak dilanjutkan.

openSUSE-main

Bertepatan dengan rilis gnumeric pada tanggal 27 Januari 2014 yang lalu, SUSE yang bertindak sebagai pihak yang paling getol mensponsori pemeliharaan openSUSE 12.2 dikabarkan baru saja mengumumkan secara resmi penghentian dukungannya.

Dengan demikian distribusi Linux openSUSE 12.2 ini kini telah dinyatakan resmi dihentikan dan keluar dari dukungan SUSE. Dan bahkan selama 17 bulan sejak openSUSE 12.2 resmi dirilis pada tanggal 5 September 2012 silam, setidaknya banyak dukungan keamanan dan juga perbaikan bugs yang telah diupayakan.

Sementara sebagaimana yang telah diungkapkan oleh para pengembang dari proyek openSUSE itu sendiri, sejauh ini setidaknya telah ada sekitar 748 pembaruan yang telah diupayakan untuk mendukung keberadaan distribusi tersebut yang terangkum dalam 352 dukungan keamanan, 395 dukungan sistem, dan selebihnya hanya satu yang bersifat opsional.